Kesaksian Anak yang Melihat Orang Hanyut di Kuala Jadi Petunjuk Tim SAR Mencari Jalil

  • Whatsapp
Dokumentasi SAR Songulara Parigi Moutong. (F. Daeng Ankchu/SAR Songulara Parigi Moutong)

Penulis: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Jumat hari ini, 26 Juni, sebagai hari kedua bagi tim SAR gabungan mencari pria paruh baya bernama Jalil yang dikabarkan hilang sejak pamit pergi memetik cengkeh di kebun, di Desa Bonebula, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Beberapa petunjuk jadi pegangan dalam misi mencari pria berusia 50 tahun, oleh tim penolong gabungan dari Basarnas, Sar Songulara Parimo, TNI, Polri serta sipil. Bahan pembimbing yang paling mengarah dengan peristiwa hilangnya Jalil adalah kesaksian warga. Ada yang bilang sempat melihat sosok serupa manusia hanyut di kuala.

Informasi kesaksian ini diambil dari rilis keterangan Kepala Basarnas Palu, Basrano yang terpublis di website basarnas.go.id pada Kamis 25 Juni, juga terpublis di banyak media yang memberitakan kabar hilangnya petani bernama Jalil.

Salah satu keterangan yang jadi petunjuk tim SAR gabungan itu diperoleh dari seorang anak, yang katanya dari atas jembatan ia melihat sesuatu yang mirip manusia hanyut di sungai pada hari Rabu, 24 Juni.

“Informasi, ada seorang anak melihat seperti orang hanyut di sungai,” kata Basarno, yang dikutip dari basarnas.go.id.

Namun saat itu, oleh warga sekitar tidak peduli dengan apa yang dilihat anak itu. Bahkan ada yang menganggap kalau anak itu hanya salah lihat. “Setelah mengetahui kabar adanya orang hilang, baru warga beranggapan kalau yang hanyut menurut kesaksian anak itu adalah manusia atau korban yang sedang dicari,” ungkap Basarno.

Kesaksian dari seorang anak kemudian tim SAR gabungan membentuk dua kelompok penyisir pada pencarian hari Kamis 25 Juni. Satu tim melakukan pencarian di muara menggunakan perahu karet, dan satu tim lain mengecek dengan pola menyusuri sungai sepanjang hampir 10 kilometer.

Selain berbekal kesaksian seorang anak, petunjuk lain yang sekarang dipegang tim SAR gabungan adalah sepeda motor merk Revo warna merah ditemukan di seberang sungai, dan celana milik Jalil didapat di sungai.

Dalam pencarian di hari pertama tim SAR belum berhasil. Jumat hari ini, 26 Juni, dilanjutkan penyisiran.

Jalil, adalah seorang pria usia lanjut, penduduk Desa Sumbersari, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong yang dinyatakan hilang sejak Rabu, 24 Juni.

Lelaki berusia 50 tahun itu pamit pergi memetik cengkeh di area pegunungan—jarak kebun cengkeh dengan bendungan Dusun V Bonebula, sekitar 5 kilometer. Hingga hampir jam 9 malam waktu Indonesia tengah, Jalil belum juga kembali ke rumah. Ketika itu warga melapor ke aparat setempat. Baca berita sebelumnya: Tim SAR Masih Melacak Pria Usia Lanjut yang Hilang di Bonebula

Pos terkait

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.