Tim SAR Hentikan Misi Mencari Jalil, Adiansya:Tetap Kami Pantau

  • Whatsapp
Adiansyah, Komandan Pos SAR Parimo. (f. Basrul / Berita Sulteng)

Penulis: Basrul | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Operasi SAR gabungan dalam misi mencari orang hilang di Kecmatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, pada Senin 29 Juni, dihentikan. Tiada tanda-tanda serta dukungan petunjuk tambahan jadi keputusan menyudahi upaya mencari warga berusia 50 tahun yang terkabar hilang serta diduga terseret arus sungai di wilayah Desa Bonebula.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Proses pencarian yang melibatkan Basarnas Palu, Rescue Pos SAR Parimo, TNI AD, TNI AL, Polairud Polda Sulteng, Polairud Polres Parimo, Polsek Parigi, SAR Songulara Parimo, serta warga setempat, berlangsung lima hari, sejak tanggal 25 Juni.

“Sudah melakukan pencarian selama lima hari tetapi hasilnya nihil. Maka sesuai standar oprasional prosedur, operasi pencarian ditutup, Senin kemarin (29 Juni),” kata Adiansyah, Komandan Pos SAR Parimo, dihubungi Berita Sulteng, Selasa pagi, 30 Juni.

Giat tim SAR dalam misi mengejar jejak orang hilang bernama Jalil, dilakukan dari bendungan sungai Bonebula hingga laut di Desa Tindaki. Radius pelacakan yang dilakukan secara kolaborasi oleh pasukan penolong itu sekitar 10 kilometer.

Ragam metode dibilang Adiansyah telah diterapkan, pun dengan penyisiran yang dilakukan secara berulang. Padahal, usaha tim SAR gabungan selama lima hari dan melibatkan keluarga dari sosok yang ditelusuri, juga dibantu warga sekitar.

Adiansyah menjelaskan, meski komando ‘bubar grak’ sudah dilakukan, tapi tidak berlaku permanen dalam sistim pertolongan bagi tim SAR. Sewaktu-waktu jika ada info terkait Jalil, tim segera beraksi untuk mengevakuasi.

Sebelum meninggalkan ‘arena’ pencarian, tim sudah berkoordinasi dengan keluarga Jalil, warga setempat, serta seluruh pihak terkait di wilayah Parigi Selatan, agar menginformasikan sesegera mungkin bila menemukan hal berkaitan dengan penemuan korban.

Diketahui, seorang pria usia lanjut, penduduk Desa Sumbersari, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong dinyatakan hilang sejak Rabu, 24 Juni. Pada Kamis 25 Juni tim SAR gabungan bergegas dalam kewajibannya.

Lelaki bernama Jalil diperkirakan hilang di wilayah Desa Bonebula. Dari rumahnya di Desa Sumbersari, Jalil diketahui menuju kebun Cengkeh. Area perkebunan tersebut berjarak sekitar 5 kilometer dari Bendungan Sungai Bonebula.* Baca: Tim SAR Masih Melacak Pria Usia Lanjut yang Hilang di Bonebula dan artikel terkait: Kesaksian Anak yang Melihat Orang Hanyut di Kuala Jadi Petunjuk Tim SAR Mencari Jalil

Pos terkait

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.