Baru Lima Desa di Kecamatan Tinombo Selesaikan BLT DD

  • Whatsapp
Salah seorang warga menerima BLT DD saat penyaluran di Desa Silabia, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Senin 28 Juni 2020. (F. Fadel / Berita Sulteng)

Penulis: Fadel | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng – Pembagian Bantuan Langsung Tunai bersumber dari Dana Desa atau biasa disebut BLT DD yang dibebankan menjadi tanggung jawab setiap Pemerintah Desa saat menghadapi pandemi Covid-19, harusnya tuntas bulan Juni—menurut edaran awal kementerian.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Kewajiban Pemdes menyalurkan bantuan kepada masyarakat layak terima, berlaku sejak April, berlanjut di bulan Mei, dan kemudian berakhir pada Juni.

Di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, khusus di Kecamatan Tinombo,hingga berlalunya bulan Juni, masih lima desa tercatat tuntas merealisasikan misi menopang kebutuhan warga miskin.

Informasi dihimpun Berita Sulteng, dari 15 desa di Kecamatan Tinombo, selain lima desa, hampir rata-rata masih bergegas masuk di penyerahan tahap tiga.

Lima desa yang aparatnya laju menyalurkan BLT DD ke warganya, adalah Desa Dusunan Barat, Siavu, Silabia, Desa Tinombo, dan Desa Ambason.

Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Tinombo, Riswan, saat ditanya-tanya Berita Sulteng, menjawab kalau menurut perkiraan, Sembilan desa lain baru akan menyalurkan uang kes ke masyarakat penerima pada Juli ini.

“Seharusnya kan Juni terakhir pembagian, namun karena pencairan DD lambat maka banyak desa yang membagi di akhir Juni atau awal Juli,” katanya.

Terkait tambahan BLT DD tahap selanjutnya yang berkisar Rp300 ribu per bulan, Riswan mengaku desa-desa di Kecamatan Tinombo masih menunggu peraturan Pemerintah Daerah atau Peraturan Bupati Parimo.

“Meski ada edaran dari kementerian terkait tahap selanjutnya di BLT DD, namun perlu instruksi selanjutnya dari Pemda Parimo. Saya harap Pemdes fokus saja dipenyelesaian tahap tiga penyaluran BLT DD Covid-19 ini,” ujarnya.*

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.