Persiapan IGA dan New Normal, Pemkab Parimo Kembangkan Aplikasi SIDADI

  • Whatsapp
DIPAN WIRAKSA, Kabid Likban Bappelitbangda Kabupaten Parimo. (Basrul / Berita Sulteng)

Penulis: Basul | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Aplikasi Sistem Inovasi Data Diri (SIDADI) sedang diperkuat oleh Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda). Misi pemerintah guna memantapkan perangkat lunak tersebut untuk mengikuti Innovative Government Awards (IGA), sekaligus menghadapi tatanan normal baru—sering disebut new normal pasca pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tahun ini.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Diungkap Kabid Likban Bappelitbangda Kabupaten Parimo, pengembangan serta penerapan aplikasi SIDADI dalam menghadapi new normal supaya Kabupaten Parimo senantiasa aman dari Covid-19.

Kabid bernama Dipan Wiraksa itu menyebut bahwa kemunculan aplikasi SIDADI ketika Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan lomba inovasi daerah menuju new normal. Di lomba itu harus memunculkan ikon yang diupayakan melebihi dari inovasi daerah lain. Dan salah satu ciri khas atau inovasi yang rencananya akan dimunculkan salah satunya adalah aplikasi SIDADI. Dipan Wiraksa juga bilang bahwa tujuan aplikasi SIDADI untuk mengontrol arus mobilisasi penduduk, di mana pun berada.

“tentunya tugas kami di Bappelitbangda berikutnya akan melakukan apa yang disebut tahap sosialisasi,” Dipan Wiraksa

Walau pengembangan aplikasi saat ini salah satu tujuannya untuk IGA, tapi diharapkan sesudah lomba inovasi dapat berkelanjutan di Parimo.

“Setelah mencoba mengikuti lomba, tentunya tugas kami di Bappelitbangda berikutnya akan melakukan apa yang disebut tahap sosialisasi. Jadi, kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun OPD yang ada melalui mitra di Bappelitbangda,” kata Dipan Wiraksa, belum lama ini.

Demi hasil yang tidak sia-sia, pada tahun 2021 sistim aplikasi itu sudah masuk rencana kerja, sehingga ada hasil maksimal, serta bisa jadi contoh bagi daerah lain.

Menyinggung keikutsertaan di kompetisi IGA, Kabupaten Parimo, Provinsi Sulawesi Tengah belum pernah ikuti. Olehnya pemantapan terhadap aplikasi SIDADI harus maksimal.

Selain SIDADI dari Bappelitbangda, beberapa aplikasi juga akan diluncurkan oleh OPD di Parimo. Saat ini menurut Dipan Wiraksa, ada beberapa berkas dari OPD yang diterima menyangkut aplikasi.

Dipan Wiraksa memaparkan, IGA adalah kompotisi tahunan yang diadakan Bidang Tata Kelolah Pemerintahan Pelayanan Publik dan Inovasi di Kemendagri. Kegiatan tersebut melibatkn Pemkab, Pemkot serta Pemprov seluruh Indonesia. Dalam acaranya mempertontonkan ide dan gagasan inovatif ASN hingga masyarakat.

Katnya, IGA juga sebagai penghargaan diberikan kepada daerah inovatif yang sukses melakukan perbaikan kinerja seperti inovasi tata kelola pemerintahan, pelayanan publik serta inovasi lain sesuai bidang pemerintahan yang sebagai wewenang daerah.*

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *