Tahun Ajaran Baru SMAN Tinombo Terapkan Pembelajaran Daring

Dahlan M.S, Kepala SMAN Tinombo

Penulis: Fadel | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng – Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, Sekolah Menengah Atas Negeri  (SMAN) Tinombo, di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah masih akan menerapkan pembelajaran sistem dalam jaringan (Daring), juga Luar Jaringan (Luring).

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Terapan sistem online dan offline ini dibilang Kepala SMAN Tinombo, Dahlan kepada Berita Sulteng lewat sambungan telepon, Selasa 7 Juli 2020.

Katanya, pembelajaran jarak jauh tersebut untuk menyesuaikan Surat Edaran Gubernur Sulteng Nomor: 420/365/DIKBUD tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Satuan Pendidikan PAUD/RA/SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/SLB dan satuan pendidikan lainnya pada Tahun Pelajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.  

“Kemarin sudah ada pertemuan kita lewat rapat virtual bersama Kadis, cuma memang kita tetap tidak bisa adakan pembelajaran tatap muka, jadi tetap kita adakan prosedur daring atau luring,” ujarnya.

Dahlan menjelaskan pembelajaran tidak tatap muka secara langsung ini dipadukan dengan sistem online, dimana siswa hanya hadir untuk mengambil tugas serta mengumpulkan tugas.

“Jadi belum ada pembelajaran di sekolah, siswa hanya datang ambil tugas dan kumpul tugas. Itu pun berlaku bagi siswa yang kesulitan sistem daring,” ungkapnya.

Terkait penerimaan peserta didik baru, Dahlan menuturkan pihak SMAN Tinombo telah menerima sekitar lebih dari 200-an pelajar.

Sesuai hasil rapat bersama manajemen dan dewan guru SMAN Tinombo beberapa waktu lalu, kata Dahlan, diputuskan pada 13 Juli mendatang akan dilaksanakan orientasi pengenalan sekolah kepada siswa baru, tapi tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Untuk siswa baru rencananya tidak dihadirkan sekaligus tapi secara bergilir atau per kelompok di ruangan tertentu dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Dan untuk materi orientasi siswa baru sifatnya masih pengenalan lingkungan sekolah, sehingga hanya dilakukan sekali saja.

Dikutip dari BeritaSatu.com, Gubernur Sulteng Longki Djanggola belum mengizinkan pembelajaran secara tatap muka di seluruh jenjang pendidikan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19 ini.

“Pembelajaran secara tatap muka di daerah zona hijau, kuning, oranye dan merah di masa pandemi Covid-19 tidak diperkenankan,” kata Gubernur Longki, Selasa 7 Juli 2020.

Kebijakan itu berlaku selama semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 mulai Juli hingga Desember 2020.*

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) DISTRO? atau TOPI HIP HOP? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 30 September 2020.