Pemdes Kayuboko Tuntaskan Tugas Menyerahkan Amanat Negara

  • Whatsapp
Pemdes Kayuboko menyerahkan dana BLTDes tahap III di Balai Desa, pada Jumat 10 Juli 2020.

Penulis: Basrul | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng – Jam 2 siang hari Jumat, 10 Juli 2020 Pemerintah Desa Kayuboko bergerak dalam upaya terakhir penyaluran Bantuan Langsung Tunai Desa kepada masyarakat penerima. Penyerahan uang sebanyak Rp600 ribu yang diamanatkan Negara melalui kementerian itu menyasar 134 Kepala Keluarga.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Penyaluran tahap III oleh Pemdes Kayuboko, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, yang jadi tugas wajib sejak pandemi Covid-19, dilakukan aparat desa tersebut di balai desa setempat. Sama halnya dengan proses pemberian bantuan sebelum-sebelumnya.

Dalam momen bagi-bagi uang itu, lebih dulu Kades Kayuboko mengingatkan kepada warganya bahwa bantuan tersebut merupakan santunan dampak virus corona. Dan itu sebagai kepedulian pemerintah dalam membantu warga di kondisi merosotnya ekonomi akibat wabah virus yang desebut-sebut pertama muncul dari Kota Wuhan, China di akhir 2019.

Pemdes Kayuboko menyerahkan dana BLTDes tahap III di Balai Desa pada Jumat, 10 Juli.

“Pembagian kali ke tiga ini adalah tahap terakhir BLTDes. Alhamdulillah kami (Pemdes) sukses dan berhasil menyelesaikan bantuan yang sumber dananya dari Dana Desa,” kata Rahmad, Kades Kayuboko saat diwawancara Berita Sulteng usai membagi uang bantuan.

Pemdes Kayuboko menyerahkan dana BLTDes tahap III di Balai Desa pada Jumat, 10 Juli.

Data 134 KK penerima tahap III merupakan daftar penerima pada tahap I dan II.

Foto Bersama warga penerima BLTDes (di tengah) dengan Kades Kayuboko (kanan) dan Sekdes (kiri) pada penyerahan dana BLTDes tahap III di Balai Desa pada Jumat, 10 Juli.

Di sela penyerahan amanah Negara saat itu Rahmad menitip pesan ke warganya bahwa dari sejak ini dan kedepan semua orang wajib menerapkan protokol kesehatan tentang Covid-19, sebagaimana arahan pemerintah. Dalam keseharian, seluruh masyarakat tanpa terkecuali wajib pakai masker, budayakan cuci tangan serta ketentuan lain.

Foto Dok. Penyerahan BLTDes Tahap II Desa Kayuboko.

Menyangkut program BLTDes ini, Rahmad berharap hal itu dapat meringankan beban warganya. “Semoga apa yang telah diprogramkan pemerintah bisa membantu warga. Kami selaku pemerintah desa cukup bersemangat mendukung realisasi program BLTDes ini, karena ini kami anggap sebagai salah satu upaya meringankan beban ekonomi rakyat terdampak Covid-19,” ungkap Rahmad.

Foto Dok. Penyerahan BLTDes Tahap II Desa Kayuboko.

Terpublis sebelumnya, Pemdes Kayuboko berhasil merampungkan data penerima BLTDes jelang pertengahan Juni 2020. Kemudian pada 16 Juni tahap I penyerahan bantuan uang tunai tersebut dilakukan.

Baca: 134 KK di Kayuboko Terima Uang Dampak Covid, Kades: Tahap II Disalurkan di Waktu Dekat.

Sejumlah kendalan terhadapi oleh Pemdes Kayoboko dalam merealisasikan bantuan. Walau begitu, mission complete mampu dicapai Pemdes bersama BPD yang mendapat respon warga.*

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *