Sungai Desa Boyantongo Meluap, Warga Panik, Ada yang Mengungsi

  • Whatsapp
Akibat sungai di Desa Boyantongo meluap, seluruh warga bermukim di sekitar sungai berlaku waspada. Sejumlah penduduk telah mengungsi ke wilayah yang dianggap aman.

Penulis: Basrul | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng– Sungai di Desa Boyantongo, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Jumat malam, 10 Juli, meluap. Air bah itu datang akibat curah hujan yang cukup lama.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Secara kondisi banjir tersebut tidak begitu parah, tapi cukup mengkhawatirkan. Luapan air terlihat merendam halaman sejumlah rumah warga di sekitar sungai dengan ketinggian lutut orang dewasa.

Beberapa rumah tangga terpantau menyingkir mencari tempat yang dianggap aman, sebagai upaya evakuasi dini secara mandiri. Penduduk takut adanya banjir susulan. Sebab, walau kondisi redah namun cuaca masih memungkinkan terjadi hujan.

Banjir terjadi tadi malam itu mampu mengirim material, hampir rata-rata batang serta dahan pohon berukuran cukup besar. Bahkan kayu-kayu kiriman dari hulu sungai kini terparkir di muara sungai Boyantongo dengan tumpukan yang panjangnya mencapai 300 meter.

Hingga pukul 02:00 Wita dinihari air terpantau surut. Meski demikian warga tetap berjaga-jaga mengingat kondisi cuaca yang sesekali bergerimis.

Sekadar dketahui bahwa pada 2012 lalu sungai Boyantongo sempat mengamuk. Akibatnya, banyak rumah warga hilang, rusak dan terendam. Parahnya lagi, jembatan penghubung jalan provinsi roboh hingga terseret air.*

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *