Seriusi Persoalan Bupati Parimo yang ‘Kemping’ di Pantai Mosing

  • Whatsapp
WAWAN SETIAWAN, Anggota DPRD Parigi Moutong, Partai Bulan Bintang. (Foto Dok. Pribadi)

Penulis: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng – Riak tentang Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu yang ‘migrasi’ ke lokasi Pantai Mosing, Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan, masih terus disuarakan, bahkan diseriusi. Kali ini, persoalan Samsurizal mangkal di Pantai Mosing tidak lagi berupa pertanyaan, tapi sudah berbentuk ajakan sistem koalisi.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Enam partai politik pengusung yang memenangkan Samsurizal Tombolotutu sebagai bupati, dan Badrun Nggai wakilnya saat Pilkada 2018 lalu, kini diajak untuk rame-rame mendatangi Bupati Samsurizal yang masih betah ‘kemping’ di Mosing.

Panggilan ini lahir dari anggota DPRD Parimo, Wawan Setiawan. Politisi Partai Bulan Bintang itu bahkan menyuarakan ajakan tersebut dalam paripurna yang dihadiri Wabup Parimo Badrun Nggai, Jumat 10 Juli.

Badrun Nggai hadir saat itu kapasitas menggantikan bupati di agenda paripurna tentang Raperda Pertanggungjawaban APBD Parimo tahun anggaran 2019.

Seruan Wawan Setiawan memanggil Parpol koalisi kini terpublikasi lewat rekaman video yang tertaut di akun facebook DPRD Parimo. Di rekaman berdurasi 2 menit 33 detik, Wawan Setiawan tidak dalam tema menyerang Wabup Badrun tapi lebih kepada usul membantu sekaligus mengajak Badrun untuk tandang ke ‘cam’ Bupati Samsurizal yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Parigi.

Dibilang Wawan, terlepas dari jabatan Wabup Parimo, Badrun Nggai adalah Ketua Gerinda Kabupaten Parimo. Sehingga Badrun Nggai dianggap perlu hadir dan terlibat dalam upaya rembuk mencari solusi demi baiknya Kabupaten Parimo dari sekarang sampai nanti. Partai Gerindra salah satu dari enam Parpol pengusung SABAR.

“Hari ini adalah pandangan fraksi dari semua lintas partai politik yang ada dalam lembaga DPRD ini. Saya mengajak teman-teman Parpol pengusung pasangan SABAR, kita lakukan audiens yang sama untuk mendorong dan mendampingi Wabup Parimo menyangkut Mosing dan Ibukota Kabupaten Parimo,” ujar Wawan.

Menurut Wawan opsi melibatkan Parpol koalisi sebagai salah satu solusi dari polemik saat ini, menyangkut jarangnya bupati hadir di ibukota. Sehingga lewat komunikasi politik, kemungkinan bisa ‘merayu’ Samsurizal Tombolotutu ‘mau pulang’ ke Ibukota Kabupaten Parimo.

“Saya mengajak pimpinan Parpol di lintas fraksi di DPRD, karena kita sebagai Parpol pengusung juga punya hak berkomunikasi ke bupati untuk memberi masukan, dorongan dalam sisi keaktifan beliau (Bupati),” ungkapnya.

Bahkan, Wawan menunjuk Wabup Badrun yang hadir untuk terlibat di misi kerjasama dalam koalisi, berembuk meraba solusi demi baiknya Kabupaten Parimo.

Untuk mengingatkan, pada Pilkada Bupati-Wakil Bupati Parimo periode 2018-2023, pasangan Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (SABAR) diusung Partai Gerindra, PAN, PBB, PKS, PDIP dan PPP, dan beberapa partai baru sebagai partai pendukung juga turut membantu kemenangan pasangan dua periode ini. Salah satu partai pendukung adalah Partai Perindo.

Diketahui, dalam paripurna pembacaan jawaban bupati atas pandangan fraksi, Badrun Nggai sempat kebingungan bahkan tak bisa menjawab pertanyaan wakil rakyat menyangkut status dan keberadaan Bupati Samsurizal di lokasi ekowisata Pantai Mosing.

“Untuk pertanyaan yang disampaikan saudara Fadli, saya memohon maaf, saya belum bisa menjawab pertanyaan itu,” ucap Badrun. Baca: Wabup Parimo Tak Bisa Jawab Soal Aksi Bupati yang Mangkal di Pantai Mosing.

Sebelum viral jadi bahan pertanyaan di ruang rapat DPRD, pada Rabu 8 Juli sejumlah pemuda dan mahasiswa telah mempertanyakan keberadaan Bupati Parimo saat ini. Aksi yang mengatasnamakan Gerakan Rakyat Menggugat (GERAM), melegitimasi ruang lingkup wilayah kerja kepala daerah—Bupati Parimo sebagai pucuk pimpinan tertinggi, wajib berkantor dan melaksanakan aktivitas pelayanan publik di Ibukota Kabupaten.

Aksi propaganda GERAM waktu itu dilakukan dengan cara orasi di dua titik strategis di Kota Parigi, serta konvoi sambil menyuarakan aspirasi sekaligus ajakan memakai pengeras suara. Baca: Konvoi Prakondisi: GERAM Suru Mundur Samsurizal dari Jabatan Bupati Parimo.*

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar