Ternyata Lebih dari Tiga Kecamatan Dihantam Banjir di Parigi Moutong

  • Whatsapp
Digenangi banjir. Jalan Patambe, jalur yang mengharah dari SMK Negeri 1 Parigi, Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng.

Penulis: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng – Beredar postingan gambar bahkan video di media-media sosial, salah satunya facebook, tentang pemukiman penduduk yang dilanda banjir di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah, pada Selasa 14 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Beberapa jam sebelumnya Berita Sulteng melansir artikel menyebut tiga kecamatan di Kabupaten Parimo dihantam banjir. Dalam berita berjudul Tiga Kecamatan di Parigi Moutong Dilanda Banjir, Ratusan Orang Mengungsi, tertulis 11 desa terdampak bencana alam yang dipicu intensitas hujan kurun waktu paling sedikit 7 jam—dari Senin malam hingga Selasa subuh, 13-14 Juli. Ternyata tidak hanya tiga kecamatan.

Salah satunya terlihat di akun facebook Kumalasari Al’Amrie, pukul 12:11 Wita, Selasa 14 Juli memposting foto disertai video yang mempertontonkan air bah menggenangi salah satu titik pemukiman warga di Desa Petapa, Kecamatan Parigi Tengah. Di caption tautannya, Kumalasari Al’Amrie menuliskan, “Air meluap di jalur dua petapa di sebapkan gorong2 tersumbat kayu besar syp tau ada alat berat yang preiy tolong bikan akan jalan air dulu.”

print screen postingan facebook

Di Desa Lebo, Kecamatan Parigi juga jadi sasaran genangan air.  Kalau di Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat Pemerintah Desa setempat  melakukan pengumuman secara mobile menggunakan sepeda motor mengingatkan warga dusun II agar tetap waspada terhadap kemungkinan banjir susulan. Imbauan itu terpublis lewat video yang diupload akun Yadin Ahmad, pukul 21.35 Wita, kemudian dibagikan akun lain ke salah satu grup—Info Kota Parigi (INKOPAR). Hampir rata-rata desa di wilayah eks Kecamatan Parigi terendam banjir. Hanya saja tiga kecamatan yang dikabarkan parah.

Selain wilayah Parigi, sejumlah desa di Kecamatan Sidoan juga tertimpa bencana banjir. Seperti yang terlihat di postingan akun bernama Risnawaty Putri TunggalJl, Selasa 14 Juli pukul 18:57 dan pukul 11:55. Dalam tautannya juga menampilkan foto sosok Camat Sidoan, Mukmin Muharram. Selain itu, di Desa Sigenti Kecamatan Tinombo Selatan juga terkabar banjir.

Banjir Kecamatan Sidoan. Dalam foto yang ditaut akun facebook Risnawaty Putri TunggalJl, terlihat sosok Mukmin Muharram (baju biru memegang kepala) yang kini menjabat Camat Sidoan.

Hingga pukul 01:00 Wita, instansi teknis terkait di Kabupaten Parimo belum merilis data desa atau wilayah mana saja di kabupaten tersebut terdampak banjir. Sebagaimana dilansir Berita Sulteng sebelumnya, pihak BPBD masih sementara merekap data.*

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *