Akses Jalan Desa Patingke Memprihatinkan, Perbaikan Terhalau Corona

Akses Jalan Desa Patingke yang kondisinya memprihatinkan

Penulis: Fadel | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng – Akses jalan di Desa Patingke, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sangat memprihatinkan. Selain terjal, badan jalan yang berbatu itu juga terlihat berlumpur. Kondisi tersebut cukup menyulitkan siapa saja yang melintas.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Kepala Desa Patingke, Lusdin mengaku sudah menaruh perhatian khusus terhadap jalan tersebut. Namun yang jadi kendala untuk penganggaran saat ini adalah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Katanya, pengalokasian anggaran perbaikan jalan diperoleh dari Dana Desa (DD), sedangkan pembiayaan Covid-19 saat ini juga diambil dari DD.

Lusdin yang dikonfirmasi Berita Sulteng menyebut bahwa kondisi jalan di desanya masuk sebagai perhatiannya selama ini. “Dimana dengan pengalokasian DD untuk perbaikan jalan dengan teknik rabat,” kata Lusdin, baru-baru ini.

Ia menuturkan, sejak 2019 pihaknya telah menganggarkan Rp300 juta lebih untuk perbaikan jalan di beberapa dusun di Desa Patingke. “Sebagian besar DD kami manfaatkan untuk perbaikan jalan di  desa ini. Perbaikan jalan dengan teknik rabat tersebut dilaksanakan bagi jalan desa di empat dusun yakni Dusun I, III, VI dan Dusun VII, dengan total perbaikan sepanjang 500 meter,” kata Lusdin yang ditemui Berita Sulteng di kantor desa setempat.

Katanya, dusun di Desa Patingke sebanyak tujuh dusun, namun empat dusun jadi fokus perbaikan jalan.

Lusdin bilang, kerusakan jalan sebagian besar faktor alam, sebab wilayah Desa patingke berada di kawasan pegunungan. Tanahnya yang labil sehingga rawan longsor. “Apalagi kalau hujan, susah sekali motor lewat,” ungkap Kades berumur 27 tahun itu.

Saat ini karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan Pemdes mengalokasikan sebagian besar DD untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) maka perbaikan terhalau.

“Insya Allah pada alokasi anggaran yang baru akan kembali dianggarkan perbaikan jalan,” harapnya.*

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) DISTRO? atau TOPI HIP HOP? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 30 September 2020.