Anggota DPRD ini Lelang Koleksi Pribadinya Demi Berdonasi

Ummy Kalsum, anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Fraksi Nasdem yang melelang tas koleksinya untuk keperluan membantu warga korban banjir di eks Kecamatan Parigi dan Kota Masamba, Sulawesi Selatan.

Membantu itu menyenangkan Umi Kalsum, Politisi Perempuan asal Partai Nasdem

Penulis: Basrul | Editor: Andi Sadam

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Aksi wanita bernama Ummy Kalsum ini ada yang menyebut sebagai gerakan murah hati ‘stadium akut’. Istilah itu disematkan kepada gender yang kini jadi bagian dari wakil rakyat periode 2019-2024 di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah lantaran aksinya yang ‘tanpa kompromi’ ingin sekali membantu warga korban banjir bandang di Kota Masamba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sasaran bantuan wanita kelahiran 34 tahun silam ini juga ditujukan kepada korban banjir di Kabupaten Parimo, khusus di wilayah eks Kecamatan Parigi.

Kelakuan wanita berpostur agak gemuk ini hanya terkabar sering dilakukan oleh orang-orang ternama, setara artis, tokoh nasional bahkan musisi. Seperti yang dilakukan Raffi Ahmad, Najwa Shihab dan Dian Satrowardoyo pada Maret 2020, menjual barang kesayangan mereka untuk membantu tim medis dan para korban virus corona. Tiga artis ini mau memberi bantuan dan berharap nantinya barang yang mereka lelang bermanfaat.

Oleh Ummy Kalsum, barang kesayangan yang ia lelang berupa tas kesayangan. Benda koleksi pribadinya yang ia lelang sebanyak 15 buah. Harga tawarannya tidak seragam. Tidak hanya tas miliknya, dari 15 tas yang Umi jual, ternyata dua buah diantaranya tas koleksi suaminya.

Sistem obral digunakan Ummy dengan cara memanfaatkan akun media sosial facebook. Hasil lelang tersebut dibilang Umi senilai Rp2,5 juta lebih. Tidak tanggung-tanggung caranya melelang, Umi melakukannya dengan cara menawari secara langsung alias live facebook.

UMMY KALSUM, Anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong

“Alhamdulillah postingan lelang di facebook itu mendapat banyak respon. Hasilnya dua juta limaratus ribu lebih,” ungkap Ummy saat berbincang dengan Berita Sulteng di sela sibuknya membantu gabungan komunitas dalam aksi menggalang dana di tepi jalan Trans Sulawesi di Kecamatan Sausu, Kabupaten Parimo.

Anggota legislatif dari partai Nasdem ini bercerita, dalam penjualan ia menerapkan sistem berbonus. Katanya, tas yang dilelang dengan harga tinggi diberi hadiah berupa aksesoris.

Respon pembeli menurut kisah perempuan legislator utusan Daerah Pemilihan V wilayah selatan Kabupaten Parimo ini ternyata tidak hanya dari wilayah Parimo atau Sulawesi tapi bahkan ada pembeli dari Ibukota Negara, Jakarta, yang mengambil.

Ummy berujar, apa yang ia lakukan baru-baru ini sama sekali tiada rasa malu. Justru kebanggaan yang ia rasakan sebab dalam prinsipnya, apa yang dilakukan demi membantu sesame.

Terhadap apa yang sudah dilakukannya, Ummy sangat mengharapkan ada dermawan atau donatur lain meniru. Sebab menurutnya, makin banyak yang berdonasi kepada korban bencana alam saat ini makin meringankan beban kebutuhan warga yang sekarang masih menempati posko-posko pengungsian, akibat kehilangan tempat tinggal.

Baca: Tiga Kecamatan di Parigi Moutong Dilanda Banjir, Ratusan Orang Mengungsi

Pilihan melelang barang-barang koleksinya, Umi bilang, lantaran merasa diri tidak kuat lagi membantu secara fisik.

Di akhir bincang ringannya, Ummy menyebut satu prinsip terkait situasi saat ini. Umi bilang, “Membantu itu menyenangkan,” ujar perempuan yang dikenal supel ini—suka pergaulan.

Terhadap suami, apa yang dilakukan Ummy sangat direstui. Selain dibuktikan dengan terlelangnya dua tas kepunyaan pai tuanya, dorongan dalam hal lain juga dilakukan sang suami terhadap politisi kaum hawa asal wilayah Sausu yang sekarang sebagai anggota legislatif Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Parimo.*

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) DISTRO? atau TOPI HIP HOP? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 30 September 2020.