DPRD Parigi Moutong Sahkan Perda RTRW dan SPAM

Paripurna pengesahan Perda RTRW dan Perda SPAM di gedung DPRD Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Penulis: Basrul | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Rabu 22 Juli mengesahkan dua Peraturan Daerah (Perda). Regulasi disahkan melalui Paripurna Laporan Pansus I Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), serta Raperda tentang pengelolaan dan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), masa persidangan II tahun 2020.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Dua produk aturan terbaru yang disahkan diharap sekali bisa memberi dampak serta manfaat untuk daerah, lingkungan, serta berfaedah terhadap penduduk. Wabil khusus peningkatan ekonomi rakyat.

Ketua Pansus I, Alfret Tonggiroh, saat paripurna itu menjelaskan bahwa Perda RTRW spesifik mewujudkan tatanan ruang wilayah dalam optimalisasi petensi Sumber Daya Alam (SDA) berbasis pengembangan agrobisnis, perikanan dan pariwisata. Bahkan urusan pertambangan yang ada di darat maupun di laut.

Menyinggung Perda SPAM, manfaat secara langsung nanti bisa dibuktikan di desa-desa yang terdapat aliran SPAM. Karena dengan aturan tersebut pihak di desa bisa diberi kewenangan oleh Pemerintah Kabupaten untuk mengelola SPAM.

Diketahui, Pansus I dititipi amanah untuk membahas Perda RTRW dan Perda SPAM. Panitia tersebut dibentuk pada 14 Februari 2020.

Ketika mendapat tugas, upaya konsultasi yang dilakukan Pansus I, menurut Alfret, menembus beberapa kantor kementerian terkait di Jakarta. “Langkah koordinasi Pansus I, melakukan konsultasi di Kementerian Agrarian dan Tataruang Badan Pertanahan Nasional. Kemudian berlanjut dengan pertemuan virtual (vidcom) beberpa kali bersama pihak kementerian tersebut. Konsultasi dan koordinasi juga di Dirjen Mineral dan Batubara,” beber politisi PDI Perjuangan itu.

Alfret juga menegaskan bahwa Perda yang mereka godok itu dianggap sangat penting dan urgent karena adanya perubahn peraturan perundang-undangan dan untuk menjamin kepastian serta ketertiban hukum.

Rapat berlangsung di ruangan aspirasi itu dipimpin ketua DPRD Parimo Sayutin Budianto, didampingi Faisan Badja Wakil Ketua I, dan Wakil ketua II Sugeng Salilama. Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai, turut beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah setempat.*

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) DISTRO? atau TOPI HIP HOP? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 30 September 2020.