Bersama Warga Gangga Dinas PUPRP Parimo Bikin Jembatan Darurat

  • Whatsapp
Aktifitas pembuatan jembatan darurat di Desa Gangga, Kecamatan Parigi Selatan, Parigi Moutong.

Penulis: Basrul | Editor: Andi Sadam

PARIMO, Berita Sulteng – Bersama warga Desa Gangga, Kecamatan Parigi Selatan Dinas Pekerja Umum Penata Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah membangun jembatan darurat. Jembatan tersebut dibikin supaya kendaraan roda empat bisa lewat.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRP, I Wayan Mudana, adanya inisiatif membuat akses alternatif bersama warga lantaran jalur tersebut merupakan atu-atunya jalur menuju Desa Gangga.

“Kami bekerjasama dengan warga Gangga membuat jembatan darurat untuk dilalui roda empat karena sebelumnya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua,” kata Wayan, pekan kemarin.

Dibilang Wayan, langka awal yang dilakukan yakni membatu warga memasang gelagar dari batang pohon kelapa. Pemasangan itu menggunakan excavator. Alat berat tersebut juga sekaligus membersihkan area sekitar pembuatan darurat.

“Jembatan itu dibuat di samping jembatan lama yang sudah rusak. Kami buka jalur baru biar akses dua-duanya bisa dilalui. Jembatan yang satunya khusus kendaraan roda dua dan jembatan kedua khusus roda empat,” jelasnya.

Ditanya terkait pembuatan jembatan permanen di desa tersebut, Wayan menjawab bahwa usulan pengadaan jembatan permanen sudah dilakukan Bidang Bina Marga. Bahkan dalam pengajuan dibuat beserta rincian anggaran kebutuhan atau sekitar Rp700 juta.

Namun usulan tersebut dibuat sejak sebelum banjir. Katanya, dikondisi pasca banjir, bentangan sungai pasti berubah sehingga perlu dilakukan perhitungan kembali. Dimana pada awal sebelum banjir bentangnya cuman 4 meter, tapi sekarang sudah sekitar 9 meter.99

“Usulan pembangunan jembatan permanen melalui APBD. Diharap bisa teranggarkan pada tahun 2021. Ketika pemerintah daerah dan DPRD menyetujui pembangunannya tahun depan, kami akan kerjakan,” katanya.*

Pos terkait

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.