Ratusan Rumah Terendam Banjir di Dongkas Parigi Moutong

Banjir menggenangi rumah warga di Desa Dongkas, Kabupaten Parigi Moutong, Selasa, 11 Agustus 2020.

PARIMO, Berita Sulteng – Ratusan rumah terendam banjir di Desa Dongkas, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah pada Selasa, 11 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Data dimiliki Pemerintah Desa Dongkas, tercatat 200 Kepala Keluarga terdampak, dari tiga dusun, dengan ketinggian air mencapai 1 meter. Itu menurut Sekretaris Desa Dongkas, Sunandar Latjongka.

Banjir yang merendam ratusan rumah warga, menurut Sunandar akibat intensitas hujan yang mengguyur wilayah Tinombo dalam durasi panjang—Selasa pagi hingga malam.

Katanya, guyuran hujan membuat volume air meningkat yang berdampak jebolnya bronjong. Gara-gara pelindung dinding sungai roboh, air meluap hingga ke pemukiman penduduk. “Kurang lebih 300 rumah terendam banjir. Data ini kami kumpul sejak sore hingga malam ini,” ungkap Sunandar kepada Berita Sulteng, Selasa malam.

Derasnya hantaman air bah, bentangan sungai makin meluas. Dibilang Sunandar, bronjong yang tadinya di tepi sungai, kini sudah terposisikan di tengah. Tiada korban jiwa akibat bencana tersebut.

Demi data akurat, Pemdes Dongkas masih melakukan pendataan, hingga mengestimasi kerugian materil.

“Kalau kerugian sementara kami taksir sekitar seratusan juta, diluar deker dan akses jalan desa yang longsor,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *