Kades Siniu Sudah Tersangka, Berkasnya Segera P21

MUHAMMAD FAHROZI, Kepala Kejaksaan Negeri Parigi Moutong

PARIMO, Berita Sulteng – Kepala Kejaksaan Negeri Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menyebut kalau status Kades Siniu sudah tersangka. Berkas perkaranya pun segera disorong polisi ke kejaksaan (P21) bila dinyatakan lengkap.

“Perkembangan terakhir, jaksa sedang meneliti berkas perkara yang melibatkan Kades Siniu. Tim jaksa akan menentukan apakah berkasnya dinyatakan lengkap atau belum (P21),” Ungkap Kajari Parimo, Muhammad Fahrozi saat konferensi pers di gedung kejaksaan pada Selasa, 1September 2020 di Parigi.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Terhadap Kades berinisial GB, diduga melakukan penyimpangan ketika menyalurkan Bantuan Langsung Tunai untuk penanganan Covid 19 di Desa Siniu, Kecamatan Siniu beberapa bulan lalu.

Fahrozi mengungkap, berkas perkara yang diterima dari penyidik Tipikor Polres Parimo, kini masih diteliti. Meski belum ditetapkan lengkap atau belum lengkap, menurut Fahrozi, Polisi dan Jaksa sepakat memandang perkara tersebut bukan berdasarkan nilai kerugian, tapi lebih menyikapi kebutuhan masyarakat penerima yang disinyalir dimanfaatkan pihak tertentu.

Dampak dalam beban dan kebutuhan masyarakat terdampak Covid 19, kata Fahrozi, perlu jadi pertimbangan dalam perkara tersebut.

“Tindakan hukum atas oknum dalam perkara ini dimaksudkan juga sebagai pembelajaran pihak-pihak lain yang melaksanaka kegiatan serupa,” tegasnya.

Terhadap penindakan hukum, GB disangkakan melanggar pasal 12 huruf e Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindakan pidana korupsi.

Beberapa bulan lalu Kades tersebut sempat menjadi sorotan publik, akibat kebijakannya yang terkabar mengurangi nilai uang BLT teruntuk masing-masing Kepala Keluarga (KK) Penerima. Doi yang dipetik dari Dana Desa itu diberi ke penduduk desa yang dinilai layak menerima berdasarkan kriteria. Sebagaimana amanah Kementerian, tiap KK penerima mendapat Rp600 ribu per bulan selama 3 bulan.

banner 970x90
banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.