88 PAUD di Lokus Stunting Dapat Layanan Tambahan

  • Whatsapp
ilustrasi PAUD

PARIMO, Berita Sulteng – Sebanyak 88 Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dari 11 kecamatan yang masuk lokus stunting di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah jadi perhatian khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat.

Hampir seratus PAUD yang paling diperhatikan, mendapa makanan tambahan. Ini disampaikan Kepala Bidang PAUD Dikmas Disdikbud Parimo, Nurlina Sani, Jumat 11 September 2020.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Menurut Nurlina, selain disuplai makanan tambahan, lembaga-lembaga itu juga dipantau secara intens. Bahkan pihak dinas mengontrol ketat standarisasi sarana dan prasarana PAUD terkait—dari sisi kesehatan hingga layanan untuk stimulasi tumbuh kembang anak.

Selain sarana-prasarana yang harus memenuhi standar seperti ketersediaan guru, PAUD yang ada juga diharap sedapat mungkin menuju  Holistik dan Integrasi (HI). “Demi meraih level PAUD HI, perlu ada peran dari pemerintah di wilayah setempat, yakni Pemerintah Desa,” ungkapnya.

Nurlina juga bilang bahwa ketersediaan toilet, sumber air, kelayakan bangunan harus memenuhi standar.

Dari sejumlah kriteria tersebut, kata Nurlina, semua tersedia di 88 PAUD itu. Lengkapnya fasilitas PAUD-PAUD tersebut lantaran adanya dukungan program pembangunan dari Pemdes.

Meskipun belum proporsional, menurut Nurlina, seperti belum tersedianya sumber air, pihak dinas akan bekerjasama dengan desa melalui dana BOP untuk persediaan sumber air.

“Dari 88 PAUD yang tersebar di 11 kecamatan, terdapat 3.568 peserta didik. Dan Kecamatan Moutong tercatat sebagai peserta terbanyak,” ungkapnya.

Pos terkait

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.