Kabupaten Parimo Cuma Punya 6 TK Negeri

  • Whatsapp

PARIMO, Berita Sulteng – Telah 18 tahun usia Kabupaten Parigi Moutong, pasca mekar—berpisah dari Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2002. Di usia hampir dua dekade, Kabupaten tersebut ternyata Cuma punya 6 Taman Kanak-kanak (TK) Negeri.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, menyatakan perlu ada penambahan jumlah TK Negeri. Dan saat ini Organisasi Perangkat Daerah itu lagi berusaha supaya TK Negeri baru bisa muncul.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

“Kita inginkan setiap kecamatan memiliki TK Negeri, agar bisa menjadi TK Pembina di kecamatan domisili masing-masing,” harap Nurlina Sani, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud Kabupaten Parimo, baru-baru ini.

Kabupaten Parimo diisi 278 desa, 5 kelurahan, 23 kecamatan. Dari bentangan wilayah sepanjang 472 kilometer Parimo ditempati 500 lebih fasilitas pembinaan anak-anak, rinciannya; 284 lembaga TK, 170 Kelompok Bermain (KB), dan 33 satuan PAUD sejenis.

“Sebab masih punya 6 TK Negeri, sehingga menginginkan penambahan satuan PAUD atau TK Negeri,” ucap Nurlina yang juga mengungkap bahwa SK lembaga PAUD dari kecamatan sedang digodok. Hasil penggodokan itu nanti jadi dasar penentu lembaga pembinaan anak menuju TK Negeri.

6 TK Negeri di kabupaten Songu Lara Mombangu, itu terletak di Kecamatan Parigi, Parigi Tengah, Ampibabo, Kasimbar, Tinombo dan Sausu. Catatan ini menunjukan kalau Parimo masih butuh 17 kecamatan lagi demi mencapai target satu kecamatan satu TK Negeri.

Dibilang Nurlina, sejumlah kecamatan telah mengajukan dokumen usulan. Dan beberapa waktu lalu pihak Disdikbud melakukan kunjungan, memastikan kesiapan serta kelayakan bakal calon TK Pembina.

Dia menjelaskan, Survei oleh Disdikbud  salah satunya mendatangi Kecamatan Torue. “Di sana terdapat dua calon TK. Sedangkan siapa yang bakal terpilih sebagai TK pembina, masih menunggu keputusan bupati,” katanya.

TK Pembina adalah TK Negeri yang secara administrasi adalah tanggung jawab Pemerinta Daerah. Karena itu kesiapan tenaga pendidik hingga sarana lainnya disediakan pemerintah setempat.

Sedangkan swasta didirikan oleh lembaga non pemerintah, semisal yayasan. Pendiri tersebut bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan sekolah.

Diketahui, pada 2019-2020 Kabupaten Parimo satu-satunya kabupaten yang capaian input Dapodik satuan PAUD 100 persen, di Provinsi Sulteng.

Peningkatan grafik pengimputan Dapodik di daerah, juga ditentukan jumlah lembaga pendidikan PAUD. Kabupaten Parimo—Daerah pertama kali dinahkodai Longki Djanggola sebagai bupati, kini cuma punya 6 TK Negeri.

banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.