Parigi Moutong Dapat Rp14 M BOP, Tertinggi di Sulteng

  • Whatsapp

PARIMO, Berita Sulteng – Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mendapat Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD sebanyak Rp14 miliar lebih. Angka tersebut dicatat sebagai nilai BOP tertinggi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Berhasilnya Kabupaten Parimo menerima BOP terbesar berkat capaian dalam penginputan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) peserta didik lembaga PAUD. Menurut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat, besaran alokasi BOP lantaran Parimo tercatat sebagai kabupaten pemilik jumlah peserta didik TK terbanyak di Provinsi Sulteng.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Meski Disdikbud dianggap belum mampu mendorong kemajuan kualitas lembaga didik anak usia dini di Parimo. Buktinya, hingga saat ini Kabupaten Parimo hanya miliki enam TK Negeri.

Baca: Kabupaten Parimo Cuma Punya 6 TK Negeri

Selain mendapat kucuran BOP tertinggi, tahun ini Kabupaten Parimo diketahui memiliki193 lembaga PAUD dan PKBM terakreditasi berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Raihan tersebut menjadikan Parimo sebagai kabupaten dengan PAUD dan PKBM terakreditasi terbanyak di Provinsi Sulteng, namun hanya memiliki enam TK Negeri.

“Kami berupaya terus meningkatkan kualitas satuan PAUD dan lembaga PKBM,” ujar Kabid PAUD Dikmas Disdikbud Parimo, Nurlina Sani baru baru ini.

Dia mengakui dengan jumlah BOP yang diberikan setiap tahun, seharusnya dapat mendorong semua pengelola lembaga satuan PAUD dan PKBM untuk terus meningkatkan kualitas. Dengan menjadikan PAUD dan PKBM terakreditas atau menjadi PAUD Holistik Integratif (HI).

Saat ini jumlah TK yang ada sebanyak 292 dengan 12.295 peserta didik, Kelompok Bermain (KB) sebanyak 184 lembaga dengan jumlah 8.264 siswa. Kemudian, satuan PAUD sejenis sejumlah 25 lembaga dengan 385 siswa dan 36 PKBM yang terdaftar dalam Dapodik.

Sebelumnya Nurlina memaparkan, Parimo baru memiliki enam TK Negeri. Sehingga untuk penambahannya, pihak Disdikbud setempat sedang menggodok penerbitan Surat Keputusan lembaga Satuan PAUD ataupun TK.

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *