PMI Sumbang 50 Kantong Darah ke RSUD Anuntaloko Parigi

  • Whatsapp
HUT PMI ke 75 diwarnai aksi donor darah. Nampak seorang pendonor yang juga pewarta Berita Sulteng sedang mendonorkan darah.

PARIMO, Berita Sulteng – Memperingati HUT ke 75, Palang Merah Indonesia Kapupaten Parigi Moutong menggelar donor darah, juga cek darah di Gedung Balai Putri Djengi Markas PMI Parimo, Kamis, 17 September 2020.

Kegiatan mulai jam 09:30 sampai 15:00 waktu setempat, mengusung tema “Solidaritas Untuk Kemanusiaan”. Acara tersebut juga berhasil menarik 50 pendonor dari bebagai kalangan di wilayah Parimo.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Semua darah pendonor disalurkan ke rumah sakit Anuntaloko Parigi. Penyerahan darah hasil donor itu untuk memenuhi kebutuhan keluarga pasien yang memerlukan.

“Karena PMI Parimo tidak memiliki Unit Donor Darah (UDD) sehingga tidak dapat melakukan pengolahan darah. PMI hanya membantu Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Anuntaloko dalam menyediakan untuk mencari pendonor sukarelawan,” ucap Srikandi Puja Passau.

Dalam aksi donor darah, sebelum pendonor mendonorkan darahnya, lebih dulu dilakukan pemeriksaan golongan. Bila pemeriksaan golongan darah masuk kriteria untuk berdonor maka dilanjutkan ke tempat pendonoran. “Semuanya lewat pemeriksaan. Ada yang layak ada juga yang tidak, tergantung hasil dari pemeriksaan. Tapi pendonor tadi kebanyakan pendonor aktif. Namun ada juga pemula, tapi hanya beberapa,” katanya.

Ia berharap PMI Parimo bisa difasilitasi pemerintah daerah untuk membentuk UDD sehingga dapat membantu Pemda untuk memenuhi kebutuhan darah kepada pasien di rumah sakit.

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *