Guru Dilatih Rancang RPP, Pakai Aplikasi dan Metode Penilaian Jarak Jauh

  • Whatsapp
  • Sumber: Disdikbud

PARIMO, Berita Sulteng – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, membentuk Guru Peduli Pendidikan untuk merancang Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) yang efisien digunakan ditengah pandemi Covid 19.

“Perlu dilakukan adaptasi baru agar proses belajar mengajar bisa berjalan efektif sebagaimana yang diharapkan. Metode pembelajaran yang selama ini dilakukan tatap muka dalam kelas, terpaksa berubah, sebagian besar pembelajaran dilakukan secara daring dan ada juga dibagi dalam kelompok-kelompok kecil,” ujar Kabid GTK Disdikbud Parimo, Sunarti.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Dia mengatakan, sebagai seorang pendidik yaitu memastikan, apapun cara belajar yang digunakan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, seperti meminimalisir dampak penularan covid-19 serta memberikan rasa aman kepada siswa dan guru itu sendiri.

“Menyikapi itu dibentuklah tim Guru Peduli Pendidikan oleh Disdikbud Parigi Moutong, untuk merancang RPP yang cocok digunakan saat pandemi seperti sekarang ini,” terangnya.

Guru juga harus mempelajari penggunaan aplikasi pembelajaran daring yang lebih mudah dan efisien, juga melakukan asesmen terkait metode penilaian terhadap siswa, baik pembelajaran daring maupun luring.  

Guru Peduli Pendidikan ini katanya, terlebih dahulu menyusun RPP yang cocok, kemudian mensosialisasikan metode pembelajaran jarak jauh, melakukan Bimbing Teknis (Bimtek) serta mendampingi guru yang telah dibimtek untuk menggelar workshop diwilayah masing-masing, kemudian melakukan monitoring dan evaluasi.

Kegiatan ini, diawali dengan mengumpulkan guru-guru dan Kepala Sekolah yang telah mendapat pelatihan tentang pembelajaran daring atau yang memiliki kemampuan IT yang mumpuni.

Dia menambahkan, sebagai penanggungjawab Kepala Disdikbud Parigi Moutong Adrudin Nur, dibantu Kabid SD untuk KKG, Kabid SMP untuk MGMP, dan Kabid GTK selaku bidang yang menangani guru. Tim tersebut yang akan memastikan proses belajar mengajar tetap berkualitas meski situasinya masih pandemi.

“Tim ini sepakat memperkenalkan penggunaan aplikasi gogle classroom yang akan digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Kemudian dilakukan Bimtek secara online kepada guru-guru dari berbagai wilayah perwakilan,” ungkapnya. 

Sementara untuk peserta, masing-masing kecamatan mengirimkan dua utusannya untuk mengikuti Bimtek. Mereka yang diutus bertanggungjawab untuk melakukan workshop bagi guru-guru lain di wilayah domisilinya, agar ada kesepahaman terkait metode belajar yang akan digunakan.

Lebih jauh dipaparkannya, Disdikbud Parigi Moutong, melalui tim telah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan metode pembelajaran jarak jauh yang telah dilatih sebelumnya dan akan dilakukan lagi monitoring kedua.

“Saat ini tim masih perlu melakukan pendampingan bagi guru terkait cara memilih materi yang esensial untuk dimasukan dalam RPP. Meski semua materi pembelajaran penting, tetapi karena covid-19 perlu ada penyesuaian sehingga RPP lebih dipersingkat,” pungkasnya.*

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *