Bidang Ekonomi Bappelitbangda Parimo Siap Lahirkan Aplikasi Berbasis Pertanian

  • Whatsapp

PARIMO, Berita Sulteng – Sebuah aplikasi berbasis pertanian segera meluncur di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Perangkat lunak ini dirancang  oleh Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) setempat.

Diungkap Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda Kabupaten Parimo, Nur Novianti Banda, aplikasi itu nanti akan terintegrasi dengan potensi perekonomian dari tingkat desa. Sehingga dengan konsep tersebut aplikasi ini diyakini mampu mendeteksi angka penduduk miskin di Kabupaten Parimo.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Diuraikan Novianti, aplikasi itu berbasis data serta sistem informasi ketahanan kerawanan pangan dan kesehatan di sektor pertanian. Informasi dan data kemudian jadi rujukan pemerintah melacak wilayah-wilayah yang masuk kategori rawan pangan.

Supaya perangkat itu hadir sesuai harapan, kata Novianti, dalam perancangannya dilakukan sedetil mungkin. “Jadi, nanti kalau data-data sudah terinput, kita cukup hanya mengetik nama desa, kemudian akan muncul pemberitahuan apakah desa itu termasuk desa rawan pangan atau tidak,” ungkap Novianti, Selasa 29 September 2020.

Menyinggung peluncuran perangkat lunak berbasis pertanian dari Bidang Ekonomi  tersebut, menurut Novianti, seharusnya sudah eksen sejak bulan Agustus kemarin. Tapi lantaran beberapa data pendukung sistem dinilai masih ada yang perlu dimaksimalkan sehingga launching-nya tertunda. “Mudah-mudahan kalau tiada halangan dalam waktu dekat pemenuhan terhadap materi revisi sudah rampung, supaya aplikasi ini siap meluncur,” ucapnya.

Terhadap penanganan demi memaksimalkan pembaruan informasi, Bappelitbangda akan membentuk tim updating data keanggotaan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah di Kabbupaten Parimo.

Dalam program di Bidang Ekonomi Bappelitbangda, dibilang Novianti, sektor pertanian secara general terkait perencanaan telah membangun kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat.9

 

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *