Enam Kampung di Parimo Masuk Calon Desa Adat

  • Whatsapp
Kampung Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang masuk daftar kampung adat mendunia. (Foto: Istimewah. Diambil dari idntimes.com)

PARIMO, Berita Sulteng – Enam desa di Kecamatan Palasa dan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah diusulkan untuk menjadi desa adat. Orientasi pembentukan enam kampung adat itu untuk penanggulangan kemiskinan.

Program pemerintah Kabupaten Parimo soal urusan kemiskinan ini dilekatkan di Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) setempat.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

“Prioritas program penanggulangan kemiskinan saat ini fokus ke pembentukan Desa Adat,” kata Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda Parimo, Nur Novianti Banda saat diwawancara Berita Sulteng, Selasa kemarin, 29 September 2020.

Kata Novianti, persiapan pembentukan desa adat bagi enam desa sudah melalui penelitian. Dan hasil pemeriksaan menyimpulkan kalau desa-desa itu layak masuk calon, meski terdapat dua desa dimerger atau digabungkan.

Dari dua kecamatan, terdapat dua desa di Kecamatan Palasa, yaitu Desa Pebounang dan Desa Bambasiang. Sedangkan di wilayah Tinombo masing-masing Desa Taipa Obal, Lombok Barat, Ogoalas dan Desa Patingke. Dari empat desa di Kecamatan Tinombo, Desa Taipa Obal dan Desa Lombok Barat yang dimerger. Alasan penggabungan adalah jumlah penduduk yang masih sedikit.

Dibilang Novianti, program pembentukan rumah adat demi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Parimo, sudah dikoordinasikan di kementerian. Bahkan Pemerintah Kabupaten melalui Bappelitbangda sudah mengagendakan pertemuan terbatas dengan tiga kementerian. Tapi gara-gara Covid 19, rencana pertemuan gagal.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Desa, Kementerian Sosial dan Kementerian Dalam Negeri. Sebenarnya bulan lalu adalah jadwal pertemuan bersama tiga kementerian, tapi dibatalkan lantaran pandemi Covid 19,” katanya.

Pos terkait

banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *