Puluhan Guru Dibimbing Demi Peningkatan Kapasitas

Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai saat menyampaikan sambutan di pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan PAUD HI, Senin, 26 Oktober 2020.

PARIMO, Berita Sulteng– Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) ternyata merupakan upaya pengembangan anak usia dini demi pemenuhan kebutuhan esensial.

Agar terwujud maksimal pengembangan tersebut, puluhan guru di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah dibimbing demi peningkatan kapasitas. Bimbingan teknis pemenuhan kebutuhan esensial tersebut digelar pada hari Senin, 26 Oktober 2020.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Diungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parimo, Adrudin Nur, bahwa layanan stimulasi holistik mencakup pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan perlindungan dan kesejahteraan. Semua layanan ini akan jadi kebijakan dalam pengembangan anak usia dini melalui pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan orang tua.

“Jadi, Bimtek ini bertujuan meningkatkan kapasitas penyelanggara dalam pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD, serta mempercepat penyelenggaraan PAUD HI,” ujar Adrudin lewat sambutannya saat pembukaan Bimtek di aula Kantor Bappelitbangda Parimo, Jalan Pakabata Bambalemo.

Selain Adrudin, Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai sewaktu membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan PAUD HI mengatakan, bahwa PAUD adalah upaya pembinaan teruntuk anak sejak lahir sampai usia 6 tahun, yang dilakukan melalui suguhan rangsangan pendidikan—membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani-rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

PAUD HI dilakukan secara stimulan, sistematis serta terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas serta berkarakter sebagai generasi masa depan berkualitas.

Wabup menambahkan, program PAUD HI adalah program nasional yang dilaksanakan secara menyeluruh. Untuk itu peran aktif dari Disdikbud sebagai pemerintah harus menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak mulai dari usia dini—dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

Tercatat, sebanyak 53 orang guru di Kabupaten Parimo yang ikut bimbingan tersebut.*

banner 970x90
banner 728x130

MAU KAOS KEREN? atau HOODIE JUMPER (SWEATER) Distro? atau TOPI CASUAL? Cukup tinggalkan komentar, dan bagikan Artikel-Artikel terbitan Beritasulteng.com. Cenderamata diserahkan ke penerima terpilih pada 10 November 2020.