Percepat Kepemilikan KIA, Dinas Dukcapil Gandeng Disdikbud

Sumber: Disdikbud Parigi Moutong

PARIMO, Berita Sulteng– Guna mempercepat kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah gandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Kordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan untuk memperoleh data anak di bawah usia 17 tahun. Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil, Ir. Lewis, Rabu (18/11)

Bacaan Lainnya

banner 970x90

“KIA memiliki dua jenis. Yakni untuk anak usia 0-5 tahun yang tidak disertai foto dan KIA untuk anak usia 5-17 tahun kurang sehari yang wajib disertai foto,” ujarnya.

Maka dari itu kata Lewis, untuk mempercepat proses kepemilikan KIA terutama bagi peserta didik, Disdukcapil harus mengantongi data anak yang akurat dari setiap sekolah.

“Jadi kita minta beberapa data, seperti pas foto, akta kelahiran dan fotokopi Kartu Keluarga (KK). Karena kalau difoto satu-satu nantinya jadi memakan waktu lama,” ungkapnya.

Lewis menambahkan, untuk menerbitkan KIA masih dtemukan beberapa kendala, misalnya kata dia, belum semua anak memiliki akta kelahiran atau belum terinput pada sistem.

Lanjut Lewis, pihaknya masih membuka layanan pencetakan KIA setiap hari, sebab selalu ada perubahan data dari anak yang berusia 16 tahun beranjak ke 17 tahun

“Jadi setiap hari berubah. Sehingga targetnya kita itu sangat dinamis sekali, mungkin hari ini sangat minim tapi besok akan sangat tinggi. Karena mungkin saja banyak anak yang usianya bertambah dari 17 ke usia wajib KTP-El,” jelasnya.

Ia menambahkan, pencetakan KIA juga diupayakan bisa menjangkau warga yang tinggal di desa terpencil. Hal ini untuk memenuhi hak kepemilikan anak atas salah satu dokumen identitas diri sebagai warga Negara. 

“Cukup dengan KIA saja, karena dalam kartu ini data diri sudah lengkap. Tetapi sekarang kan sudah menjelang waktu Pemilukada Provinsi, jadi kami fokus dalam percetakan KTP-El. Setelah selesai Pilkada maka akan difokuskan lagi untuk percetakan KIA,” tutupnya.

banner 970x90
banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *