Disdikbud Parimo Siap-siap Luncurkan Album Lagu Daerah

Sumber: Disdibud Parigi Moutong

PARIMO, Berita Sulteng– Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong, tengah menyiapkan peluncuran album lagu daerah pertama untuk Kabupaten Parigi Moutong yang berjudul “Parigi dalam nada kebudayaan”.

Bacaan Lainnya

banner 970x90

Kata Kabid Kebudayaan Disdikbud Parigi Moutong Sri Nur Rahma, Album lagu “Parigi dalam nada kebudayaan” dibuat dari beberapa bahasa yang dominan di Parigi Moutong, diantaranya yakni, bahasa Lauje, Tialo, Kaili Tara, Tajio dan Rai.

Dalam album itu terdapat 12 penyanyi putra-putri Kabupaten Parigi Moutong yang sudah dipilih melalui kontes menyanyi, yang sebelumnya digelar di dua zona yakni daerah Kasimbar sampai Sausu dan Tinombo Selatan sampai Moutong.

“Ada enam lagu daerah yang terpilih untuk dibuatkan album tersebut, dua lagu lainya juga diambil yang sudah tercatat sebagai lagu yang berprestasi. Sebagai bentuk apresiasi terhadap karya, isi keseluruhanya menjadi delapan lagu,” terangnya

Ditambahkannya, dua lagu yang ditambahkan dalam album tersebut sudah mendapat banyak penghargaan di tingkat nasional. Diantara, lagu berjudul Parigi Moutong Sau Magaya yang mendapat penghargaan sebagai lagu terbaik di tingkat nasional.

Juga lagu berjudul Epe tesa yang menceritakan kekayaan Teluk Tomini berbahasa kaili dan mendapat penghargaan di acara gelar budaya tingkat provinsi.

“Penggarapan album ini, telah melalui proses panjang. Sebab sudah dilakukan sejak tahun 2019 mulai dari pemilihan lagu lewat kontes, proses perekaman lagu dan tahun 2020 ini baru akan di launching,” ungkapnya.

banner 970x90
banner 728x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *