PKBM Lahir Atas Inisiatif dan Kebutuhan Warga

Sumber: Disdikbud Parigi Moutong

PARIMO, Berita Sulteng- Pembentukan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di desa merupakan salah satu cara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong, dalam mewujudkan program Cerdas.

Bacaan Lainnya

“Kemajuan kualitas pendidikan di desa dapat didukung melalui pembentukan PKBM, atas inisiatif warga desa secara mandiri dan mempertimbangkan kebutuhan warga,” ungkap Kabid Paud dan Dikmas, Nurlina Sani.

Selain karena demi memudahkan warga desa, PKBM juga diharap mendapat dukungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat.

Pasalnya, sebagai OPD yang bertugas melakukan pendampingan terhadap desa, DPMD Parigi Moutong memiliki akses lebih dekat dengan aparat dan warga desa untuk melakukan komunikasi dan koordinasi membentuk PKBM.

“Jika OPD terkait memfasilitasi pembentukan PKBM, dianggap lebih cepat menarik minat warga desa. Bahkan, program kegiatannya pun dapat menyentuh langsung dengan kebutuhan warga,” terangnya.

Nurlina mengatakan, kegiatan di PKBM bukan hanya soal pengentasan warga putus sekolah untuk mendapatkan ijazah paket. Namun, lebih kearah pengembangan kecakapan hidup.

“Contohnya, Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Kewirausahaan (PKW) juga menjadi bagian kegiatan pembelajaran di PKBM,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *