Terkabar Setelah di OTT KPK Bahwa Bupati Banggai Laut Reaktif Corona

G KPK (f. Detik.com)

Sumber: Detik.com | Style Editing: Andi Sadam

JAKARTA, Berita Sulteng Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo, yang terjaring Operasi Tangkap Tangan atau OTT Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kini dinyatakan reaktif virus corona.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, membenarkan kabar tersebut. “Iya (reaktif virus Corona),” kata Ghufron melalui pesan singkat, Jumat, 4 Desember 2020.

Walau sudah membenarkan, tapi Ghufron belum memberi keterangan jauh terkait hal ini. Ia menyebut Wenny Bukamo sedang menjalani isolasi. “Diisolasi,” katnya.

Sejumlah orang yang terjaring OTT bersama Wenny sudah tiba di KPK. Selain Wenny, ada beberapa orang yang sudah berada di markas KPK.

“Beberapa pihak yang diamankan KPK saat ini sudah ada di Gedung Merah Putih dan akan dilanjutkan pemeriksaan oleh tim KPK,” ujar pelaksana tugas juru bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, hari Jumat kemarin.

“Sejauh ini bukti yang sudah diamankan dalam giat tangkap tangan adalah uang tunai. Barang bukti berupa mata uang rupiah itu terdiri dari pecahan ratusan ribu yang jumlah totalnya masih akan dihitung dan dikonfirmasi kembali kepada pihak-pihak terperiksa. Selain uang, juga diamankan buku tabungan, bonggol cek, dan beberapa dokumen proyek,” imbuhnya.

Diketahui, total ada 16 orang yang ditangkap dalam OTT bersama Wenny Bukamo. Ali Fikri mengatakan KPK mengamankan sejumlah pihak itu di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Luwuk.

Berita Sebelumnya: Ini Sosok Bupati Banggai Laut yang di OTT KPK

Selain menciduk Wenny, KPK menangkap pejabat Pemerintah Kabupaten Banggai Laut dan sejumlah pihak swasta.

“Pihak yang diamankan sejauh ini ada 16 orang, di antaranya Bupati Banggai Laut, pejabat di lingkungan Pemkab Banggai Laut, dan beberapa pihak swasta,” kata Ali kepada wartawan.

Ali menyebut dugaan korupsi dalam kasus ini terkait dengan pemberian sejumlah uang dari swasta atau kontraktor kepada penyelenggara negara. Dalam hal ini, diduga diterima oleh Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo.

Dalam OTT tersebut, KPK menemukan uang yang diduga terkait suap untuk Wenny. Duit tersebut ditemukan dalam beberapa kardus.

“Barang bukti yang didapat sementara 2 kardus berisi uang sejumlah lebih dari Rp 1 miliar,” ucap sumber detikcom.**

Baca terbitan Detik.com: Klik Sini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *