Dinkes Parimo Programkan Kegiatan Donor Darah

Penulis : Novita

PARIMO, BERITASULTENG– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021 ini, programkan kegiatan donor darah sebagai upaya menurunkan angka kematian ibu melahirkan.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Parimo Fauzia al-Hadad, SKM.M.Kes yang ditemui Berita Sulteng diruang kerjanya, Jumat (19/3). Dia mengatakan, kegiatan donor darah tersebut telah dilaksanakan pihaknya di Puskesmas Tada Kecamatan Tinombo Selatan beberapa waktu lalu, dan mendapatkan antusias yang cukup baik dari masyarakat setempat. Kurang lebih 70 orang lanjut dia, yang secara suka rela mendonorkan darahnya bagi para ibu hamil di Kabupaten Parigi Moutong.

“Pendonornya adalah masyarakat Kecamatan Tinombo Selatan. Melalui koordinasi Puskesmas Tada dengan pemerintah setempat dalam mencari pendonor,” jelasnya.

Sementara itu, Mediyawati, S. Farm.Apt, Kepala Seksi Kesehatan Tradisional menambahkan, latar belakang kegiatan donor darah yang diprogramkan pihaknya, merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan darah ibu hamil dan melahirkan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu melahirkan yang disebabkan komplikasi pendarahan.

Sementara ketersediaan darah di UTD RS itu sangat terbatas. “Jadi darah ini bukan hanya di pake untuk ibu hamil Tada, tapi bisa di pake untuk semua ibu hamil dan melahirkan di wilayah Kabupaten Parigi Moutong,” ujarnya. 

Kedepan kata dia, kegiatan donor darah bukan hanya dilaksanakan di wilayah utara saja, dibeberapa wilayah lainnya juga akan dilaksanakan.

“Kegiatan awal di Puskesmas Tada, rencana berikutnya di Puskesmas Sienjo. Seluruh darah yang telah didonorkan kami simpan di UTD RSUD Anuntaloko Parigi,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *