Pemkab Parimo Gelar Musrembang, Penyusunan RKPD 2022

Exif_JPEG_420

Penulis : Novita | Editor : Moh. Faozan

PARIMO, BERITA SULTENG – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dalam, rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022. Kegiatan itu, dihelat diruang Aula Kantor Bappelidbangda Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (31/03).

Bacaan Lainnya

“Musrembang ini, merupakan kelanjutan dari perencanaan pembangunan yang dimulai dari Musrembang desa, kecamatan hingga forum OPD,”ungkap Kepala Bappelidbangda Kabupaten Parigi Moutong, Irwan, Rabu (31/03).

Dia mengatakan, ada yang berbeda terkait sistem tahun ini, karena seluruh daerah menggunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) secara full. Sehingga, jika telah melewati satu tahap, tidak bisa lagi mundur ke tahapan berikutnya.

Olehnya kata dia, dibutuhkan peran aktif dari pemerintah kecamatan dan seluruh OPD. Sehingga, bisa taat aturan dan tepat waktu.

Kepala bidang Bidang Perencanaan Makro, Pengendalian dan Evaluasi, Ikbal menambahkan, berkaitan dengan tahapan, Musrembang tahun 2021 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, soal teknis ada perubahan, dalam hal melakukan pengusulan yang terintegrasi dalam sistem. Sehingga, usulan-usulan yang masuk mulai dari tingkat desa hingga OPD, dapat memantaunya secara mandiri.

Kemudian kata dia, perubahan juga terjadi pada sistem informasi. Tahun ini, menggunakan sistem informasi yang dikelola secara terpusat oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi memang, kita khususnya diperencanaan akan sangat dipantau. Apakah dalam penyusunan sudah sesuai tahapan. Kalau ada yang tertinggal, tidak bisa lagi kembali ke tahapan sebelumnya. Ini sebenarnya merupakan tantangan tersendiri bagi kita,”kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *