Petugas Vertual DTKS Dikukuhkan

Penulis : Novita | Editor : Moh. Faozan

PARIMO, BERITA SULTENG – Petugas Verifikasi dan Validasi (Vertual) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) disumpah dan dikukuhkan, sebagai upaya menuntaskan sejumlah persoalan data di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah.

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu dilaksanakan, diruang Aula Kantor Bappelidbangda Kabupaten Parimo, Selasa (30/03).

“Memang agak ekstrim sebenarnya, kenapa kami mengambil sumpahnya. Tapi hanya itu satu-satunya yang kami lakukan, agar data DTKS kita lebih valid,”ungkap Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong.

Dia mengatakan, mereka yang telah dikukuhkan dan diambil sumpahnya itu, akan melakukan Vertual terhadap 235.000 DKST, untuk divalidkan.Menurut dia, dalam proses Vertual, petugas data akan turun kerumah-rumah warga yang masuk dalam DTKS untuk melakukan Vertual dilengkapi dengan foto dan beberapa variabel lainnya, disetiap desa ditempatnya bertugas.

Tujuannya kata dia, guna memastikan kembali warga yang masuk dalam data tersebut, masih berdomisili di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, dan tingkat ekonominya telah meningkat atau tidak.

“Juga kemungkinan, ada warga yang telah meninggal dunia, tapi masih masuk dalam data itu,” ujarnya.

Bahkan Vertual itu juga dilakukan, untuk memungkinkan warga yang memenuhi kriteria tidak mampu namun belum terdata, dapat dimasukan dalam pendataan. Serta, memvalidkan 70.818 data non valid karena tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).Dia berharap, para petugas data dapat bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, dan tanpa tekanan dari manapun, sesuai dengan kriteria.

“Petugas data ini nanti, ada perwakilannya satu orang disetiap kecamatan, dan desa. Setelah Musdes, mereka harus turun ke rumah warga untuk lakukan Vertual,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *