Disperindag Parimo Laksanakan Tera Ulang Disejumlah SPBU

Penulis : Zulfikar | Editor : Moh. Faozan

BERITA SULTENG– Sebagai upaya untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan tera ulang disejumlah SPBU, Selasa 6 April 2021.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pengawasan Barang dan Perlindungan Konsumen, I Gede Wayan Sudarta mengatakan, pelaksanaan tera ulang alat pengukur disetiap SPBU merupakan tugas rutin setiap tahun sesuai dengan permohonan pemilik SPBU.

“Ini dalam rangka perlindungan konsumen. Jadi kami memastikan konsumen membeli BBM, pas ukuran sesuai dengan standar,” jelasnya.

Menurut dia, sesuai dengan permohonan pelaksanaan tera ulang dilaksanakan diempat SPBU yakni, SPBU Sausu, Tolai, Kampal, Tinombo dan Lambunu.

Dia menegaskan, jika pihak SPBU mengabaikan pemeriksaan tera ulang, dipastikan pihak Pertamina tidak akan melakukan pengisian BBM. Bahkan lanjut dia, berdasarkan Permendag, diberikan sanksi administrasi hingga pencabutan izin.

Sementara itu Hadriani,  selaku penera Disperindag Parigi Moutong menuturkan, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, untuk takaran pada alat pengukur masih sesuai toleransi atau masuk dalam batas yang diizinkan.

Lanjut dia, pelaksanaan tera ulang dilakukan berdasarkan undang-undang nomor 2 tahun 1981, tentang jaminan kebenaran ukuran. “Jadi kami Metrologi Kabupaten Parigi Moutong menjamin takaran BBM yang dijual di SPBU, telah sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *