Dua Kecamatan di Parigi Moutong Jadi Sasaran Program Pisew 2021

Vadlon, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPRP Parigi Moutong

Penulis: Novita

BERITA SULTENG – Sebanyak dua Kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah menjadi sasaran program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun 2021, yang merupakan  program pemerintah pusat.

Bacaan Lainnya

“Bantuan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR nomor 177/KPTS/M/2021 yang terbit pada 19 Februari lalu,”ungkap Kepala Bidang Cipta Karya PUPRP Parigi Moutong Vadlon, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, dua kecamatan yang mendapatkan bantuan itu yakni Kecamatan Torue dan Kasimbar, dan masing-masing menopang dua desa.

Misalnya, Kecamatan Torue menopang Desa Tolai Barat dan Purwosari, sementara Kecamatan Kasimbar, yaitu Sendana serta Kasimbar Barat.

“Kemudian infrastruktur apa yang akan dibangun nantinya melalui program PISEW ini, semua keputusan dari desa. Misalnya pembangunan jembatan atau jalan kampung,” ungkapnya.

Selain itu menurut dia, bantuan ini juga akan didampingi oleh para fasilitator dari Balai Prasarana Pemukiman Sulawesi Tengah.

Sedangkan, pihak Kabupaten Parigi Moutong hanya sebagai tim pengawasan. Sementara yang melaksanakan seluruh kegiatan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam program tersebut, seluruhnya dari Balai Prasarana Pemukiman Sulawesi Tengah.

“Kita hanya lakukan pengawasan karena daerah kita yang lagi dibangun, jadi pihak kecamatan tetap berkoordinasi dengan kita,”kata dia. 

Apalagi, di tingkat kecamatan terdapat Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD),  tugasnya untuk melakukan koordinasi ketika ada permasalahan dengan tim pengawasan dari kabupaten.

Misalnya, antar desa tidak sinergi dalam pembangunan, maka akan di panggil kepala desa dan camat untuk dilakukan mediasi. Kemudian tambahnya, tim pengawasan yang dibentuk dalam program ini melibatkan PUPRP, DPMD dan Bappelitbangda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *