Kepala OPD Diminta Klarifitasi Usulan Promosi Jabatan

Ahmad Saiful - Kepala BKPSDM Parigi Moutong

Penulis : Ozhan

BERITA SULTENG – Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijajaran Pemda Parigi Moutong, Sulawesi Tengah diminta melakukan klarifikasi atas usulan pejabat yang akan menempati salah satu jabatan diinstansinya. 

Bacaan Lainnya

“Ini berdasarkan instruksi Pak Sekretaris Daerah, sebelum dilakukan pelantikan atas pejabat eselon IV nanti,” ungkap Kepala BKPSDM Parigi Moutong, Ahmad Saiful ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/07).

Dia mengatakan, tujuan klarifikasi dilakukan untuk mengetahui rekam jejak pejabat eselon IV untuk menempati beberapa jabatan, diantaranya kekosongan jabatan Kepala Bagian Program dan Kepala Bagian Keuangan.

Langkah tersebut kata dia, juga dilakukan untuk menghindari beberapa pejabat yang pernah mengalami temuan dalam Hasil Laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Tengah, dibeberapa periode sebelumnya.

“Jadi ini langkah untuk meminimalisir temuan BPK, karena seperti diketahui ada beberapa pejabat yang melakukan pengembalian beberapa waktu lalu,” jelasnya.

BKSDM menilai, hal itu merupakan terobosan baru dan memang sebaiknya dilaksanakan, untuk mengetahui profil dan kinerja setiap pejabat sebelum menerima beban tanggung jawab.

Disamping itu, seluruh pimpinan pasti berkeinginan pejabat itu, berkompeten serta memahami tugas dan fungisnya. 

“Jangan karena faktor kedekatan. Ketika diberikan jabatan, tidak bisa berbuat apa-apa,” tandasnya.

Menurut dia, klarifikasi dijadwalkan dimulai pada Senin 26 Juli hingga Rabu 28 Juli 2021 nanti, dan disaksikan Sekretaris Daerah, dan Kepala Inspektorat Parigi Moutong.

Kemudian, setelah mendapatkan hasil klarifikasi, pihaknya akan dijadwalkan pelaksanaan pelantikan.

Diketahui, pelantikan pejabat eselon IV dijajaran Pemda Parigi Moutong akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Selain mengisi beberapa kekosongan jabatan, pelantikan juga dilakukan bertujuan untuk persiapan pengalihan pejabat fungsional pada bulan Desember 2021 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *