Satgas Covid-19 Parimo Gelar Rapat Bahas Perpanjangan PPKM

Tim Satgas Penanganan Covid-19 gelar rapat bahasa tentang lanjutan PPKM di ruang rapat Kantor BPBD, Sabtu (24/7)

Penulis : Ozhan

BERITA SULTENG – Tim Satgas Penanganan Covid-19 Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah menggelar rapat membahas Surat Edaran (SE) Gubernur Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tengah nomor :  440/609/DINKES tentang Perpanjangan PPKM Pada Masa Pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

 “Ada lima poin yang merupakan kesimpulan dari rapat Tim Satgas Penanganan Covid-19 tadi” kata Kepala Sekretariat Tim Satgas Penanaganan Parigi Moutong, Idran, ST, dikutip beritasulteng.com, dalam website BPBD, Sabtu (24/07).

Dia menyebutkan, lima poin kesimpulan itu yakni, PPKM tetap dilanjutkan sesuai SE Bupati nomor : 443.1/1823/BPBD, tentang upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Parimo.

Kemudian, penguatan Satgas penanganan Covid-19 ditingkat kecamatan dengan memperjelas tugas dari mereka. Lokasi pemakaman bagi jenazah pasien Covid 19 harus segera diterapkan.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan minta segera menyiapkan petugas pemulasaran di tiap kecamatan yang difasilitasi oleh Puskesmas setempat. Operasi Yustisi harus lebih digiatkan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat, dengan tetap mengedepankan sifat humanis dan tegas terhadap pelanggar.

“Ke lima poin ini akan kami bawa ke pimpinan untuk dijadikan surat edaran” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Rustam dari RSUD Anuntaloko menyoroti tentang pelaksanaan PPKM di Parigi Moutong. Menurut dia, seharusnya terus dijaga dan ditingkatkan, berkaitan dengan semakin masifnya penyebaran virus Corona dimasyarakat.

“Hari ini pasien yang meninggal sudah 3 orang dan rata rata setiap hari dua orang dalam Minggu ini. Oleh sebab itu, PPKM harus terus dilakukan” ungkapnya.

Perwakilan, TNI juga lebih menyoroti tentang proses pemulasaran jenazah pasien Covid-19, sewaktu isolasi mandiri, agar bisa difasilitasi oleh Puskesmas terdekat.

Rapat itu, dihadiri oleh anggota Tim Satgas Penanaganan Covid-19 diantaranya unsur BPBD, Jubir Satgas, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Anuntaloko, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Bidang Anggaran BPKAD.

Rapa diawali dengan mendengarkan pemaparan sesuai tugas masing-masing dalam Tim Satgas Penanganan Covid-19.

Diketahui, Gubernur mengeluarkan SE, terkait kebijakan perpanjangan PPKM di Sulawesi Tengah itu. Dalam SE itu, Gubernur menginstruksikan beberapa hal, pertama perpanjangan PPKM, pemerintah kabupaten dan Kota Palu di Sulawesi Tengah, mempercepat proses pelaksanaan vaksinasi sesuai droping vaksin di daerah masing-masing karena pengiriman vaksin ke depan akan ditingkatkan pemerintah pusat.

Kedua, pemerintah kabupaten dan kota mengoptimalkan posko penanganan covid-19 dan memperketat protokol kesehatan serta melakukan pemetaan terhadap titik-titik potensi keramaian di wilayah masing-masing dengan berkoordinasi pada Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

Ketiga, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah, perguruan tinggi, akademi tempat pendidikan dan pelatihan dilakukan secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *