banner 728x250

Disdikbud Parimo Gelar ANBK Tingkat SMP

  • Bagikan

Penulis : Novita

Berita Sulteng– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah mengelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di satuan pendidikan jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

“Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran,” ungkap Kepala Disdikbud Parimo, Aminuddin, saat dihubungi, Senin (4/10/2021).

Dia mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya pemetaan mutu pendidikan yang diikuti peserta hingga tenaga pendidik dalam satuan pendidikan. Penilaiannya, berdasarkan hasil pengisian lembaran yang diberikan pada pelaksanaan ANBK.

Asesmen ini kata dia, dirancang untuk menghasilkan informasi akurat, sehingga dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar di satuan pendidikan, dan pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peseta didik.

Dia menuturkan, asesmen nasional ini nantinya dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu, Asesmen Kompetensi Minimum, survei karakter dan survei lingkungan belajar.

“Tiga komponen ini menjadi dasar penilaian ini, jadi berbeda dengan UNBK, jadi tidak ada standar yang diberlakukan,” jelasnya.

Dia mengakui, dalam pelaksanaan ANBK di Parimo terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti permasalahan jaringan internet, kehadiran para peserta didik serta hal lainnya.

Namun, dia menargetkan, kegiatan ini dipastikan tidak akan ada pengulangan. Sebab, pihak satuan pendidikan telah mengatasi hal itu dengan menggunakan handphone android, apabila dalam menggunakan laptop tedapat kendala jaringan internet

Selain itu juga kata dia, pelaksanaan ANBK akan berlangsung selama empat hari, dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama asesmen bagi peserta didik dan tahap kedua asesmen bagi tenaga guru.

“Ada 112 sekolah SMP yang melaksanakan kegiatan ini, dimulai hari ini hingga 7 Oktober mendatang,” tutupnya.

Berdasarkan pantauan media ini, dua sekolah yang melaksanakan ANBK di Kecamatan Parigi yakni, SMP Negeri I Parigi dan SMP Negeri II Parigi, mengalami kendala jaringan internet.

“Pada awal sesi pertama pelaksanaan ANBK berjalan dengan mulus. Bahkan, ada beberapa siswa telah selesai mengerjakan ujian. Namun, diakhir sesi pertama setelah itu jaringan tiba-tiba gangguan,” ungkap Kepala SMP Negeri I Parigi, Ikbal Abdul Azis Maro saat ditemui, Senin.

Pelaksanaan ANBK di setiap sekolah pun di pantau langsung oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Tengah.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: