Dinas Koperasi dan UMKM Parimo Gelar Pelatihan Kapasitas Lembaga

Penulis : Novita

Berita Sulteng– Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan koperasi tingkat, Rabu (6/10/2021).

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini salah satu upaya nyata untuk meningkatkan pengontrolan, dan pengendalian pencatatan keuangan mengacu pada anggaran dasar, anggaran rumah tanggah. serta peraturan-peraturan pada koperasi,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parimo, Sofiana saat menyampaikan sambutannya di Lolaro, Rabu.

Dia mengatakan, pelatihan itu untuk meningkatkan kinerja dalam pembudayaan koperasi, meningkatkan pembekalan tentang kekoperasian, demi menunjukan jiwa bagi usaha baru dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) jernih, serta terlatih. 

Menurut dia, koperasi akan mampu menjadi kekuatan ekonomi Tangguh, dan berkembang. Apabila memiliki organisasi, manajemen pengelolaan keuangan bersifat mandiri. 

“Pelatihan ini diikuti 30 orang peserta pelatihan, terdiri dari pengawas, anggota koperasi di Kecamatan Toribulu hingga Moutong,” kata dia. 

Dia berharap, program pelatihan ini dapat menciptakan pengadministrasian, pencatatan keuangan yang baik. Selain itu, melalui kegiatan pelatihan itu peserta akan mampu membenahi kelembabgaan koperasi, dan Koperasi Unit Desa (KUD). 

“Pengurus harus mengambil langkah cepat dalam penyusunan anggaran rumah tanggah, anggaran dasar, dan izin usaha koprasi,” pungkasnya. 

Sementara itu, Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu kembali mengingatkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, dibutuhkan usaha masyarakat termasuk koperasi agar dapat menghidupkan perekonomian nasional. 

Menurut dia, untuk menindaklanjuti arahan itu, dengan kembali menghidupkan koperasi menjadi milik bersama, bukan lagi milik perorangan. 

“Saya berterima kasih kepada kepala Dinas Koprasi dan UMKM karena sudah melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Koperasi di wilayah utara Parimo saat ini, sebagai dalam kondisi tidak lagi aktif, sehingga dibutuhkan pelatihan peningkatan kapasitas dan penguatan kelembagaan seperti ini. 

“Saya sengaja melaksanakan kegiatan ini di Kecamatan Tinombo agar supaya peserta dari Kecamatan Moutong dan Toribulu tidak terlalu jauh datang menghadiri kegiatan pelatihan ini,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *