banner 728x250

Polri Beberkan Rekam Jejak Polisi yang Curhat Dimutasi Gegara Laporkan Rekan

  • Bagikan
Foto : Istimewa, kombes ahmad ramadhan

Sumber : detik.com

Berita Sulteng Viral curahan hati (curhat) mantan personel Polres Palopo, Aipda A, yang mengaku dimutasi gegara melaporkan tiga rekannya mencuri kendaraan dinas (randis). Mabes Polri membeberkan rekam jejak Aipda A selama bertugas di Polres Palopo.


Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan membeberkan catatan Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas mengenai Aipda A selama berdinas di sana. Ramadhan menyebut Aipda A pernah berkata kasar ke wanita hingga pernah ditahan.

“Penjelasan dari pimpinan, dalam hal ini Kapolres, bahwa Aipda A sendiri juga memiliki catatan selama bertugas di Polres Palopo,” ujar Ramadhan saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/11/2021).

“(Aipda A) telah melakukan perbuatan berkata kasar terhadap seorang wanita dan telah diproses sidang disiplin. Kedua, terkait kasus penarikan mobil leasing sudah lama di tahun 2017, sehingga harus menjalani proses hukuman disiplin juga selama 21 hari di sel tahanan Polres Palopo pada 2018,” sambungnya.

Selain itu, Ramadhan turut menjelaskan tiga polisi yang dilaporkan Aipda A sudah dihukum. Mereka adalah AKP AH, Bripka Z, dan Bripka A.

“Hasil tindak lanjutnya telah dilakukan sidang. Dan telah diberikan hukuman di mana AKP AH dihukum dengan teguran tertulis, Bripka Z dan Bripka A dihukum di tempat khusus selama 21 hari,” imbuh Ramadhan.

Sebelumnya, viral di media sosial curhat mantan anggota Polres Palopo, Aipda A yang mengaku kesal dimutasi akibat melaporkan tiga rekannya yang juga polisi mencuri belasan kendaraan dinas. Aipda A menumpahkan rasa kesalnya melalui akun Facebook agar dapat dibaca Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga viral di media sosial (medsos).

Dalam postingan tersebut, Aipda A mengaku sudah melaporkan tiga rekannya mencuri 18 randis jenis roda dua dan empat randis roda empat. Dia mengaku kesal karena justru dialah yang dimutasi.

“Tiga oknum yang saya laporkan, mereka baik-baik saja, tidak dimutasikan,” kata Aipda A dalam potongan postingannya yang viral saat dilihat detikcom, Jumat (12/11).

Kabid Propam Polda Sulsel Kombes Agoeng Adi Koerniawan membenarkan pencurian randis Polres Palopo sebagaimana curhat Aipda A. Tapi dia membantah bila tiga orang yang dilaporkan itu tidak dihukum.

“Sudah ditangani itu,” kata Kombes Agoeng kepada detikcom.

Kombes Agoeng menjelaskan tiga polisi yang dilaporkan Aipda A telah diproses oleh pihaknya.

“Sudah selesai, sudah semua disidang kok. Sudah juga dijatuhi hukuman oleh Kapolres Palopo sebagai atasan langsungnya,” ucap dia.


Aipda A dimutasi ke Polres Tana Toraja. Agoeng juga sempat mengklarifikasi bahwa Aipda A dimutasi karena persoalan lain, bukan karena melaporkan pencurian randis tersebut.

“Nggak benar itu, mutasi bukan karena itu,” katanya.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: