banner 728x250

Polri Jelaskan Restrukturasi di Brimob, Akan Ada 6 Posisi Baru untuk Jenderal

  • Bagikan
Foto : Istimewa, Ahmad Ramadhan

Sumber : detik.com

Berita Sulteng- Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob) Polri akan dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal bintang tiga atau komjen. Polri menjelaskan akan ada restrukturisasi berupa perubahan dalam susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) di tubuh Korbrimob.

“Kami sampaikan terkait dengan beberapa usulan perubahan dalam SOTK yang baru yang ada di Korbrimob Polri. Yang pertama adalah pangkat komjen Polri, yaitu Dankor Brimob Polri. Usulannya dari bintang dua menjadi bintang tiga,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Selain Dankor Brimob, Ramadhan menjelaskan Wadankor Brimob juga bakal dinaikkan pangkatnya dari bintang satu (brigjen) menjadi bintang dua (irjen). Kemudian, Ramadhan menyebut, ada enam posisi baru di Korbrimob yang bakal diisi oleh brigjen.

Enam posisi itu ialah dua kepala biro (Karo), komandan pasukan (danpas) I, II, III, serta Danpas Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Kemudian irjen Polri nantinya diusulkan untuk Wadankor Brimob dari bintang satu menjadi bintang dua, dan brigjen polisi atau bintang satu ada enam jabatan. Dua jabatan kepala biro, dan ada danpas Brimob I, II, III,” tuturnya.

“Danpas Brimob I wilayah Barat, Danpas Brimob II wilayah Tengah, dan Danpas Brimob III wilayah Timur. Dan masing-masing danpas duduk dengan jabatan berpangkat brigadir jenderal,” sambung Ramadhan.

Adapun Ramadhan mengungkapkan proses kenaikan pangkat ini masih dalam proses. Dia menekankan tugas Korbrimob menjadi semakin berat ke depannya.

“Kami sampaikan saat ini sedang dalam proses untuk Dankorbrimob Polri menjadi bintang tiga. Karena tentunya ke depan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban akan semakin berat tantangannya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan menaikkan pangkat Dankor Brimob Polri menjadi jenderal bintang tiga. Sigit menyebut hal itu dilakukan karena dewasa ini tugas dan tanggung jawab yang diemban Dankor Brimob semakin berat.

Seperti diketahui, saat ini Dankor Brimob dijabat jenderal bintang dua atau irjen.

“Saat ini sedang berproses tentunya. Korbrimob dengan pengembangan ini akan kita tingkatkan, kita dorong untuk tambahan beberapa bintang dan juga Dankor Brimob sendiri kita tingkatkan untuk menjadi bintang tiga, karena tugas dan tanggung jawabnya semakin berat,” kata Sigit saat memperingati momentum HUT ke-76 Korps Brimob Polri di Mako Korbrimob, Kelapa Dua, Depok, seperti dalam keterangan tertulis, Minggu (14/11).

Sigit memastikan Korps Brimob Polri akan terus memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik untuk Indonesia. Brimob, kata Sigit, saat ini memiliki peran besar dalam pengendalian situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) dan operasi bantuan kemanusiaan.

Atas hal itu, Sigit mengungkapkan saat ini sedang dilakukan restrukturisasi organisasi atau pengembangan organisasi untuk menghadapi segala tantangan yang ada saat ini.

“Sehingga kita berikan pelayanan terbaik dan cepat ke masyarakat yang membutuhkan. Karena itu, kehadiran Brimob dalam menghadapi situasi kamtibmas dan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kehadiran Brimob dalam operasi kemanusiaan betul-betul bisa kita laksanakan,” kata Sigit.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: