Jelang Lebaran Pasar Tradisional Di Kota Palu Padat Pembeli

 

Abdul Munif (14/7/2015)

beritasulteng, Palu- Hampir setiap tahunnya tiga pasar tradisional yang ada di kota palu yakni pasar Inpres, Masomba dan pasar Tua selalu sajah di padati para pembeli jelang lebaran idul fitri 1 syawal 1436 H.

Beberapa penjual yang sempat wartawan beritasulteng temui di tiga lokasi mengatakan, ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat kota palu tiap tahunnya kalaw tinggal satu minggu lagih menjelang lebaran para pembeli ramai memasuki pasar untuk membeli kebutuhan lebaran, kata ibu siti salah satu penjual di pasar Inpres.

Hal yang sama jugah di ungkapkan oleh ibu dahlia pedagang pakaian di pasar masomba yang sejak lima belas tahun menjual di pasar tersebut, kalaw tersisa tingal tiga hari lebaran pakaian laku terjual jauh lebih banyak dari hari biasa, dan terkadang satu pembeli membeli pakaian kami sampai empat lembar bukan hanya celana dan baju terkadang jugah ada yang beli talkum dan sejadah serta kopiah untuk di pakai sholat idul fitri.

Olehnya itu dengan banyaknya pembeli untuk persaingan secara sehat dengan teman yang seprofesi kami, tidak luput setiap jualan kami berikan discont untuk para pembeli agar pakaian bisah cepat laku dan murah di jangkau harganya oleh para konsumen.

Lain halnya dengan Hj. Norma yang seharian jualan ayam potong di pasar tua mengungkapkan dua hari jelang hari idul fitri ayamnya laku terjual sampai lima puluh ekor sehari, jelas ini memberikan keuntungan dua kali lipat dari hari – hari lain sebelum lebaran, akan tetapi kami terkadang harus permainkan harga jualan ke para pembeli, hal ini disebabkan adanya kenaikan harga ayam yang dari pemasok ayam di kandang.

Ini sangat kami sayangkan yang seharusnya harga ayam dan daging sapi harus turun tidak semestinya harus naik, sebab biar bagaimana pun pembeli pasti akan datang membeli karena demi kebutuhan lebaran berapa pun harganya.

Kami harapkan kepada pemasok dan pemerintah setempat agar menggontrol masalah harga barang dan bahan baku kenaikan harga jualan di pasar sehingga para pembeli dan pedagang sama – sama senang.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>