Erwin Sumampouw, Perginya Sang Macan Bola
By beritasulteng On 15 Jan, 2014 At 03:19 PM | Categorized As RAGAM | With 0 Comments

erwin

SEPAK Bola Indonesia, khususnya Sulawesi Tengah berduka. Salah seorang tokoh sepak bola, Erwin Sumampouw ( 61) dipanggil menghadap sang Khalik. Mantan pemain timnas era 72 hingga 83 serta salah satu roh permainan Persipal Palu ini menghembuskan nyawa terakhirnya, Sabtu (11/1) pukul 15.45 wita di Rumah Sakit Siloam Makassar setelah sempat mendapatkan perawatan intensif selama 20  hari. Hasil diagnosa terakhir dokter, Erwin Sumampouw mengidap gejala kanker darah.

Suasana komplek Winners Sport Center yang terletak di Kelurahan Silae, Kecamatan Palu Barat, Minggu (12/1) siangpenuh sesak oleh ribuan warga dan kendaraan. Namun kehadiran warga ini bukan untuk berekreasi atau melepas suatu hajatan. Mereka berbondong-bondong datang untuk menghadiri pemakaman pemilik Winners Sport yang tak lain, Erwin Sumampouw. Yah, pria kelahiran Palu, 17 April 1952 silam yang pernah malang melintang sebagai pemain dan pelatih di dunia sepak bola sejak tahun 1972 sampai 2005 ini telah pergi untuk selama-lamanya .

Para pelayat yang datang bukan hanya kerabat dan rekan kerjanya di Gapensi Kota Palu maupun Assosiasi PSSI Sulteng dan Badan Futsal Daerah Sulteng. Tapi dari masyarakat kelas bawah hingga pejabat seperti Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H Sudarto, Ketua DPRD Sulteng Aminuddin Ponulele, Wakil Walikota Palu Andi Mulhanan Tombolotutu.  Bukan hanya itu, pelayat juga datang dari luar kota Palu seperti Poso, Parigi Moutong dan Donggala. Mereka umumnya adalah pengurus sepak bola , rekan sepermainan dulu  maupun yang  pernah dilatih Erwin Sumampouw.

Usai disalatkan tepat pukul 15.45 wita, keranda berisi jenazah Erwin Sumampouw ini diusung menuju liang lahat yang berada di belakang rumahnya. Isak tangis pecah mengiringi langkah pembawa jenazah. Sebuah liang lahat berukuran dua kali dua meter sudah disiapkan untuk menjadi tempat peristirahatan terakhir sang ‘macan bola’  yang berada di samping makam mertuanya.

Kepergian Erwin Sumampouw memang tidak hanya meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarganya. Lebih dari itu, masyarakat pecinta bola di Kota Palu maupun di Sulawesi Tengah ikut kehilangan oleh bekas gelandang serang terbaik timnas maupun Persipal ini. Betapa tidak, Erwin Sumampouw tidak hanya merupakan orang yang sukses di timnas maupun membawa kejayaan Persipal di era 70-an melainkan sosok yang sangat peduli atau ‘gila’ bola. ‘’ Saya kira tidak ada orang yang mampu menyaingi kepedulian beliau terhadap perkembangan sepak bola di Sulawesi Tengah. Bukan hanya semangatnya yang tinggi, beliau rela mengeluarkan uangnya berapapun demi bola. Saya tidak bisa bayangkan seperti apa sudah nanti sepakbola di Palu ini setelah beliau tidak ada,’’ujar sejumlah pelayat yang turut hadir.

Pengakuan pelayat itu diamini Muchlis Yabi, anggota DPRD Kota Palu yang dikenal sangat dekat dengan Erwin Sumampouw. Muchlis yang juga pernah menjadi rekan setim Erwin di Persipal mengaku sangat sulit menemukan sosok seperti Erwin Sumampouw. ‘’Beliau bukan hanya menjadi sahabat tapi bahkan lebih seperti saudara. Beliau orang yang berjiwa sosial tinggi dan tidak pilih teman,’’ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Hal senada diakui Kamaluddin Kasim, juga salah seorang sahabat dekat Erwin Sumampouw yang juga sama-sama menjadi pengurus inti di Assosiasi PSSI Sulteng. Kamaluddin menilai Erwin sebagai tokoh sepak bola yang cukup disegani lawan di masa jayanya namun punya jiwa sosial yang tinggi. ‘’Ia selalu membantu rekannya yang sedang kesusahan. Kita sangat kehilangan beliau,’’ ujarnya.

Erwin Sumampouw memang tidak hanya intens di persepak bolaan. Suami Hj Nisfah Alimanda yang dikaruniai dua orang anak dan tujuh cucu ini juga salah seorang pengusaha terkenal dan politikus. Hingga akhir khayatnya, Erwin Sumampouw menjabat sebagai Ketua Gapensi Kota Palu, Wakil Ketua Assosiasi PSSI Sulteng, Ketua Badan Futsal Daerah Sulteng, Bendahara Partai Golkar Kota Palu, Ketua Korwil Alkhairaat Sulawesi Tengah.

Selamat jalan Erwin Sumampouw.

 

DATA DIRI

Nama                    :  Erwin Sumampouw

Tempat Lahir        : Palu, 17 April 1952

Istri                       : Hj Nisfa Alimanda

Anak                     : 2 orang

Karier                            

          - Pemain     : Palu Putra 1969 – 1972

                              : PS Blitar   1972 – 1975

                              : Timnas Yunior1975

                              : Persipal     1975 – 1979

                              : PS Tunas Inti Jakarta 1979 – 1983

                              : Timnas Senior 1979

          - Pelatih      : Asisten Pelatih Persipal  1979

                              : Pelatih Palu Putra                   

                              : Pelatih Persipal

                              : Pelatih Persbuol

About -

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>