Sigi Ditetapkan Jadi Kabupaten Konservasi
By beritasulteng On 15 Apr, 2014 At 09:39 PM | Categorized As RAGAM | With 0 Comments

Pintu masuk perbatasan Dogi-Dongi, kawasan hutan Taman Nasional Lore Lindu.

Pintu masuk perbatasan Dogi-Dongi, kawasan hutan Taman Nasional Lore Lindu.

PALU-Kabupaten Sigi sebagai kabupaten hasil pemekaran kabupaten Donggala kini tidak hanya menjadi daerah otonom tapi juga resmi ditetapkan sebagai kabupaten konservasi. Penetapan ini ditandai melalui deklarasi yang akan digelar Rabu (16/4) malam di Kantor DPRD Kabupaten Sigi dengan dipimpin langsung Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Ir Sonny Partono, MM.

 

Deklarasi tersebut dibenarkan Kepala Bidang Konservasi Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu Ahmad Yani saat ditemui di kantornya Selasa (15/4). Penetapan kabupaten Sigi sebagai kabupaten konservasi, lanjut Ahmad Yani, merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sigi tentang Pelestarian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Taman Nasional Lore Lindu.

 

Penetapan Sigi sebagai kabupaten konservasi, lanjut Yani, memang cukup beralasan dan didasarkan kondisi eksternal maupun internal yang dimiliki. Yani mencontohkan, dari luas total kabupaten Sigi yakni 510.577,66 ha, luas kawasan hutan mencapai 379.969,42 ha atau 73,24 persen dari keseluruhan total luas kabupaten Sigi dan 252.079,58 ha atau 49,37 persen merupakan kawasan hutan lindung.

 

Sebagai daerah otonom dengan hutan yang cukup luas, kata Yani, tanggung jawab pengelolaan hutan menjadi sangat penting diperhatikan karena dari segi geografis, letak kabupaten Sigi berada di hulu dan memiliki arti penting sebagai daerah penyangga tata guna air serta bagi wilayah di hilirnya.

 

Yani menilai dengan luas hutan yang dimiliki saat ini, cukup menjanjikan bagi kemajuan kabupaten Sigi di masa yang akan datang. Terlebih hutan tersebut memiliki kekayaan yang tinggi dan beraneka ragam baik flora maupun faunanya.

 

Ia menambahkan keberadaan Taman Nasional Lore Lindu dalam wilayah kabupaten konservasi merupakan suatu kebanggaan karena merupakan asset nasional bahkan internasional.(bs-01)

 

About -

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>