93 Warga Tatura Utara Dilibatkan Dalam Zero Poverty
By beritasulteng On 28 Apr, 2014 At 07:53 PM | Categorized As RAGAM | With 0 Comments

Lurah Tatura Utara, Sudin turut serta bersama warganya dalam program padat karya di Jalan Anoa, Senin (28/4).( SYAMSUDDIN)

Lurah Tatura Utara, Sudin turut serta bersama warganya dalam program padat karya di Jalan Anoa, Senin (28/4).( SYAMSUDDIN)

PALU-Program penanggulangan kemiskinan yang dikemas dalam Zero Poverty telah bergulir di Kota Palu sejak 1 April 2014 lalu. Ribuan masyarakat  yang berasal dari ekonomi lemah termasuk di Kelurahan Tatura Utara, kecamatan Palu Selatan dilibatkan dalam program yang direncanakan berjalan hingga akhir tahun ini.

Lurah Tatura Utara Sudin ketika ditemui Senin (28/4) mengatakan dalam program tersebut sebanyak 93 warganya yang dilibatkan. Jumlah warga yang berasal dari ekonomi lemah tersebut, menjadi salah satu yang terbesar di wilayah Kota Palu. Sudin menyebutkan jumlah masyarakat miskin di wilayahnya saat ini mencapai 589 jiwa dari 21 ribu lebih total jumlah penduduk Kelurahan Tatura Utara.

 

Terkait dengan program tersebut, Sudin mengaku kalau masyarakat sangat meresponnya dan pro aktif dalam bekerja sebagaimana jadwal yang ditentukan yakni 15 jam per minggu. Sebagai imbalannya, kata dia, warga mendapat honor sebesar rp500 ribu per bulan. ‘’Sehari mereka bekerja selama tiga jam mulai jam 7 hingga 10 pagi. Mereka dibagi dalam empat kelompok,’’urainya.

 

Mantan Lurah Birobuli ini mengakui tingginya respon masyarakatnya dan menilai kalau program tersebut tepat sasaran. Hanya saja yang menjadi kendala saat ini, menurutnya, yakni lambannya mobil armada pengangkut sampah. Sehingga sampah yang telah dikumpulkan warga lambat terangkut. Namun ia memaklumi itu terjadi karena minimnya mobil armada yang dimiliki oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Palu. 

 

Ia menambahkan melalui program ini diharapkan masyarakat di wilayahnya juga bisa membangun kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan di wilayah masing-masing. Ini tentunya turut mendukung program pemerintah yakni save green and clean. ‘’Ini juga sejalan dengan upaya untuk mensukseskan program green and clean. Sehingga Kota Palu kelak bisa meraih adipura,’’pungkasnya. (bs-01)

About -

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>