Puluhan Wartawan Palu Aksi May Day
By beritasulteng On 1 May, 2014 At 11:10 AM | Categorized As RAGAM | With 0 Comments

Puluhan wartawan Kota Palu menggelar aksi memperingati Hari Buruh Internasional, Kamis (1/5) pagi.(SYAMSUDDIN

Puluhan wartawan Kota Palu menggelar aksi memperingati Hari Buruh Internasional, Kamis (1/5) pagi.(SYAMSUDDIN

PALU-Sedikitnya 30 wartawan baik media cetak maupun elektronik di Kota Palu, Kamis (1/5) menggelar aksi turun ke jalan memperingati hari buruh internasional yang juga disebut May Day. Wartawan menuntut agar pemilik media  memperhatikan kesejahteraan dan hak-hak wartawannya. Selama ini wartawan mengaku sebagian besar dari mereka belum mendapatkan upah yang layak dan haknya banyak yang diabaikan perusahaan.

 

Puluhan wartawan yang sebagian besar merupakan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu ini memulai aksinya sekitar pukul 10.00 waktu setempat di depan Taman Gelanggang Olahraga (GOR) Jalan Muhammad Hatta. Belasan polisi bersenjata ikut mengawal jalannya aksi. Setelah sempat berorasi sekitar 15 menit, wartawan selanjutnya long march menuju bundaran di Jalan Hasanuddin, depan Markas Detasemen Polisi Militer 132 Tadulako.

 

Di tempat ini, puluhan wartawan kemudian melakukan orasi secara bergantian. Dalamn orasinya mereka menuntut agar perusahaan memberikan upah yang layak serta mendapatkan fasilitas lainnya agar bisa meningkatkan kesejahteraan wartawannya. Selama ini, masih banyak wartawan khususnya di Kota Palu yang mendapatkan upah yang masih tidak layak bahkan di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP).

 

Kondisi ini tentunya sangat memprihatinkan mengingat tingkat kebutuhan wartawan terus bertambah setiap tahun sedangkan gaji atau upah yang diperoleh tidak mencukupi. Selain berorasi, wartawan juga membacakan puisi secara bergantian. Puisi tersebut isinya kebanyakan tentang jeritan kaum buruh yang tertindas dan dirampas hak-haknya.

 

Setelah melakukan aksi selama satu jam, puluhan wartawan kemudian kembali berkumpul di depan Taman GOR. Mereka meletakkan perangkat aksi, kartu tanda pengenal liputan serta perangkat peliputan sebelum akhirnya membubarkan diri. (bs-01)

 

 

About -

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>