Deny, Siapkan SDM Terampil Hadapi MEA

berita 2

Drs.Deny Wachyudi Kurnia,M.A, saat memberikan materi di sosialisasi Masyarakat Ekonomi sean (MEA), di Mercure Hotel pada Kamis (13/8/2015). Ft Andi Shaim

Moh.Nasir Tula (13/8/2015)

Beritasulteng,Palu- Kehadiran Masyarakat Okonomi Asean (MEA) di Indonesia sebuah babak baru bagi pengembangaan sektor ekonomi, hal ini dikarenakan bakal terjadi perputaran arus keluar masuknya barang bukan hanya dari seluruh wilayah di Indonesia akan tetapi negara yang tergabung dalam negara ASEAN pun turut andil.

Olehnya itu, dalam menyikapi adanya MEA nantinya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, membangun, dan mampu megembangkan sektor ril (Usaha) itu yang paling penting harus segera di persiapkan sejak dini, kata Direktur Kerja Sama APEC Dan Organisasi Internasional Lainnya, Ditjen KPI, Drs.Deny Wachyudi Kurnia, M.A, di hadapan para peserta Sosisalisasi MEA, di Mercure Hotel pada Kamis (13/8/2015).

“Disini pola pikir dan karya jual serta faktor produksi akan mendukung kalau ini bakal terpenuhi dengaan sendirinya modal akan ikut, akan tetapi semuanya ujung – ujungnya pasti kembali ke SDM, dalam meghadapi persaingan di era MEA nantinya”, tegas Deny.

Seperti kita ketahui bersama negara Indonesia masuk pada peringkat ke empat dunia dari jumlah kepadatan penduduk, setelah India, Cina dan Amerika. Sudah saatnya kemajuan perdagangan dan investasi semunya akan tergantung bagaimana pemerintah setempat mempersiapkan SDM nya dalam memanfaatkan dan menangkap peluang pasar ASEAN. “Setiap peluang harus segera kita manfaatkan, kami menegaskan jangan sampai kita bakal menjadi penonton di negara sendiri”, pesan Deny.

Dari tiga hal yang di persiapkan menghadapi MEA yakni volume arus barang, jasa, investasi dan modal, kami memberikan masukan kepada para pelaku usaha, pemangku kepentingan dan stakeholder serta mahasiswa, tetap tidak ada kata lain selain faktor utama SDM yang memiliki Skil dan ketrampilan di persiapkan bersaing di pasar ASEAN, terang Deny yang pernah di tugaskan ke Negara Jenewa dan Kamhiran.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>