Ratusan Warga Tondo Demo DPRD
By beritasulteng On 18 Nov, 2014 At 09:27 PM | Categorized As BERITA HARI INI, KOTA PALU, RAGAM | With 0 Comments
Demo ratusan warga Kelurahan Tondo (Naura)

Demo ratusan warga Kelurahan Tondo (Naura)

PALU-Beritasulteng-Sedikitnya tiga ratus warga Kelurahan Tondo,Kecamatan Mantikulore,Kota Palu berunjukrasa di kantor DPRD Kota Palu, Selasa (18/11) pagi. Mereka menuntut pencabutan semua hak guna usaha dan hak guna bangunan di lahan yang pernah dikuasai PT Sinar Putra Murni dan PT Lembah Palu Nagaya.

Ratusan warga Tondo dengan mengendarai sepeda motor dan truk ini mendatangi DPRD Kota Palu di Jalan Muhammad Hatta sekitar pukul sepuluh pagi. Setiba di depan kantor wakil rakyat tersebut,massa yang membawa spanduk panjang ini langsung menggelar orasi secara bergantian.Aksi ini mendapat pengawalan sedikitnya seratus personil polisi.

Dalam orasinya, warga menyesalkan tindakan pemerintah kota yang telah sepihak mengeluarkan hak guna bangunan atas tanah garapan warga tondo seluas tiga ratus hektar sejak tahun 1989 di belakang kampus Universitas Tadulako .Untuk itu mereka menuntut pemerintah kota palu agar mencabut hak guna usaha dan hak guna bangunan dua perusahaan yakni PT Sinar Waluyo dan PT Sinar Putra Murni.

Massa yang juga membakar ban bekas ini mendesak agar pemerintah segera mengembalikan hak kepemilikan tanah masyarakat Tondo yang telah dikelola dan didiami secara turun temurun.

Usai berorasi selama satu jam,sebanyak tiga puluh perwakilan massa diterima anggota dprd palu untuk berdialog.Dialog tersebut dihadiri sejumlah anggota DPRD Palu, Sekretaris Kota Palu dan pihak terkait.Karena dialog tersebut belum menuai hasil,massa pun memberikan batas waktu selama satu minggu. Jika pemkot tidak bisa menuntaskannya maka massa akan turun kembali beraksi.(bs-01)

About -

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>