Rendah Angka Konsumsi Ikan di Donggala
By beritasulteng On 23 Nov, 2014 At 12:38 PM | Categorized As BERITA HARI INI, Donggala, RAGAM | With 0 Comments
Bupati Donggala Kasman Lassa, Wakil Bupati Vera Laruni, pejabat dan masyarakat makan ikan bersama bersamaan dengan Hari Ikan Nasional.(naura)

Bupati Donggala Kasman Lassa didampingi Wakil Bupati Vera Laruni makan ikan bersama bersamaan dengan Hari Ikan Nasional.(naura)

DONGGALA-Beritasulteng-Angka konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Donggala baru sebesar 30,58 kilogram/kapita/tahun. Angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan provinsi Sulawesi Tengah yang mencapai 34,77 kg/kapita/tahun. Rendahnya angka konsumsi ikan tentunya disayangkan mengingat kabupaten Donggala kaya akan perikanan.

Hal itu disampaikan Bupati Donggala Kasman Lassa saat memberikan sambutan pada Hari Ikan Nasional (Harkanas) yang dirangkaikan dengan kegiatan Makan Ikan Bersama di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Donggala, Jumat (21/11). Terkait dengan hal itu, lanjut Kasman, pemerintah kabupaten Donggala menganggap perlu melakukan upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan. Selain itu juga menggerakkan sektor bisnis untuk meningkatkan perekonomian lokal dan melibatkan seluruh strata sosial.

Melalui hari ikan nasional, lanjutnya, diharapkan mampu mengembalikan kejayaan bahari Kabupaten Donggala dengan meletakkan kebijakan dan strategis pembangunan kelautan dan perikanan yang meliputi pemanfaatan potensi sumber daya perikanan tangkap dan budidaya, budidaya ikan/bibit serta memperluas kegiatan ekonomi lokal yang produktif dan berkelanjutan pada usaha skala kecil. ‘’Selain itu juga mengembangkan pola pembinaan yang partisipatif dan berkelanjutan dalam memberdayakan nelayan tradisional,’’terangnya.

Kasman menekankan, pemerintah kabupaten Donggala melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memandang serius dan terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan berbasis komoditas/produk perikanan. Ada beberapa program telah dan akan diinisiasi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan. Program tersebut terkait dengan peningkaan produksi perikanan, khususnya produksi perikanan budidaya, produksi penangkapan ikan dengan memperhatikan kelestarian sumber daya.

Ditambahkan, melihat peran ikan saat ini yang masih menjadi sumber protein utama masyarakat dan neraca perdagangannya yang positif maka ke depan ikan akan mampu memainkan peran yang signifikan dalam mendukung tidak saja ketahanan pangan tapi juga kemandirian dan kedaulatan pangan, khususnya ketahanan protein.

Hari Ikan Nasional yang baru kali pertama diperingati ini juga diwarnai acara makan ikan bersama antara bupati, pejabat di lingkungan pemkab dan masyarakat. Berbagai jenis ikan laut maupun tawar dibakar dan disajikan untuk dimakan bersama-sama.(bs-01)

About -

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>