Parigi Moutong Terpilih Tuan Rumah Porprov VIII
By beritasulteng On 23 Nov, 2014 At 01:25 PM | Categorized As BERITA HARI INI, KOTA PALU, OLAHRAGA | With 0 Comments
Suasana penghitungan suara calon tuan rumah Porprov VIII yang dilaksanakan 2018 mendatang, Sabtu (22/11) malam di Hotel Sutan Raja.(naura)

Suasana penghitungan suara calon tuan rumah Porprov VIII yang dilaksanakan 2018 mendatang, Sabtu (22/11) malam di Hotel Sutan Raja.(naura)

PALU-Kabupaten Parigi Moutong akhirnya terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII tahun 2018 mendatang. Kepastian itu diperoleh setelah dalam pemungutan suara, Parigi Moutong meraih dukungan terbanyak yakni 33 suara. Sedangkan saingan beratnya, Kabupaten Donggala hanya meraih tujuh suara dan Kabupaten Buol meraih dua suara.

Proses terpilihnya Kabupaten Parigi Moutong sebagai tuan rumah berjalan alot.Pasalnya, dua calon tuan rumah lainnya, Buol dan Donggala sama-sama berambisi untuk menjadi tuan rumah pesta olah raga terakbar se-Sulawesi Tengah itu. Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele bersama pengurus KONI Sulteng pun memutuskan penentuan tuan rumah melalui pemungutan suara dengan sistem satu delegasi suara. Dari hasil verifikasi, sebanyak 42 orang yang berasal dari pengurus KONI Sulteng, KONI Kabupaten/Kota dan Pengurus Provinsi Cabang Olahraga yang dinyatakan memiliki hak suara.

Namun dalam penghitungan suara yang digelar di Hotel Sutan Raja, Sabtu (22/11) malam, dukungan suara kepada Parigi Moutong langsung melejit. Hingga akhirnya kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Donggala ini meraih dukungan 33 suara, sedangkan Kabupaten Donggala meraih tujuh suara dan kabupaten Buol meraih dua suara.

Ketua Umum KONI Sulawesi Tengah H Anwar Ponulele usai penentuan tuan rumah Porprov VIII menyampaikan rasa terima kasihnya karena proses pemilihan tuan rumah berjalan dengan aman dan lancar. Terlebih dua calon tuan rumah yakni Donggala dan Buol mengaku puas dengan proses pemilihan tersebut. ‘’Saya senang karena proses pemilihan malam ini berjalan dengan aman dan lancar serta sangat demokratis,’’terangnya.

Anwar berharap kepada pengurus KONI Kabupaten Parigi Moutong untuk mempersiapkan diri dengan segala persyaratan yang telah ditentukan. ‘’Kita juga tentunya menginginkan agar pelaksanaan Porprov mendatang jauh lebih baik dan lebih sukses dibandingkan porprov sebelumnya,’’pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak lima daerah yang mengajukan diri sebagai calon rumah Porprov VIII tahun 2018. Namun dalam verifikasi akhir, hanya Kabupaten Donggala, Buol dan Parigi Moutong yang dinyatakan lolos. Sedangkan dua kabupaten lainnya yakni Kabupaten Tojo Unauna dan Kabupaten Morowali tidak menyerahkan kelengkapan berkasnya.(bs-01)

About -

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>