Kemampuan Ketrampilan Mampu Perbaiki Sektor Ekonomi Berbasis Domestik

20150818_163408

Kepala Dinas Perindag Prop Sulteng H.Abubakar Ahmadali SE. M.Si

Moh.Nasir Tula (18/8/2015)

beritasulteng, Palu- Pembangunan ekonomi seharusnya dikembangkan dengan berbasiskan ekonomi domestik dengan tingkat kemandirian yang tinggi, kepercayaan serta meluasnya kesempatan berusaha dan partisipatif, denan persaingan yangg sehat dan berkeadilan, hal ini mmerupakan ciri ekonomii kkerakyatan yang kita anut di Indonesia, tak berlebihan jika komitmen pemerintah saat ini terhadap ekonomi kerakyatan ditunjukan melalui strategi penciptaan lapangan kerja (Pro Job) dan pengentasan kemiskinan (Pro Poor), Kata Kepala Dinas Perdagangan Dan Industri (Perindag) Prop. Sulteng H. Abubakar Almahdali, SE, M.Si, saat diruang kerjanya Pada Selasa (18/8/2015).

Lebih jauh, Mantan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Prop. Sulteng selama kurang lebih empat tahun, mengemukakan, pengembangan ekonomi kreatif bagi warga masyarakat Sulawesi Tengah, melalui ketrampilan bahwamengolah dan mendaur ulang produk bahan bekas menjadi kreasi kerajinan tangan yang menarik sangat menguntungkan.

Selain mendapatkan keuntunggan yang lumayan jika di jual, kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas ini membantu dalam memanfaatkan barang bekas yang tidak dapat diuraikan, sehingga dapat menjaga kelestarian alam dengan mengurangi jumlah sampah organik / plastik.

Banyak bahan dasar yang bisa diambil dari alam sekitar maupun memanfaatkan sisa – sisa barang yang sudah tak terpakai menjadi barang unik dan menarik, di antaranya bahan alami darirotan, tempurung, bambu, kayu daerah dan bambu yang akan diolah dan dibuat menjadi beberapa tangan dengan melihat dan memanfaatkan peluang – peluang yang ada disebagian masyarakat tertentu, tutur Abubakar Almahdali.

Pemanfaatan produk – produk tersebut dengan komitmen untuk lebih mengutamakan keramahan lingkungan. Selain itu, “Adanya kreativitas dan inovasi para pengrjin dalam menciptakan sebuah karya menjadi kunci kesuksesan untuk menjalankan usaha kerajinan tradisional yang moderen sekaligus siap bersain di pasaran”, akunya.

“ Semakin kreatif ide yang anda ciptakan dan semakin inovatif produk yang anda hasilkan akan memperbesar peluang bagi bisnis anda untuk menuju pintu kesuksesan”, saran Abubakar Ahmadali.

Hindari pembuatan produk yang menoton (Itu – itu saja) dan kembangkan ide segar anda untuk mendatangkan omset yang lebih besar, selain kemampuan mengembangkan imajinasi serta ketrampilan, dengan melihat keinginan dari para konsumen. Sehingga dapat menambah peluang hasil karya kerajinan dan memiliki nilai jual tinggi.

Pastinya, peningkatan produksi dengan memanfaatkan bahan alami dari seluruh wilayah Prop. Sulteng, dapat diolah menjadi karya bernilai ekonomis yang bermanfaat. “ Hal ini merupakan wujud nyata kepedulian dari dinas Perindag Sulteng kepada masyarakat luas (Miliki Ketrampilan), agar dapat tumbuh dan berkembang yang nantinya diharapkan menjadi pengusaha yang sukses dan mandiri”, saran H. Abubakar Almahdali.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>