Seminar stabilisasi pangan berbasis perikanan

Asisten Perekonomian, Pembangunan & Kesra Prov.Sulteng Dr.Ir.Bunga Elim Somba, M.Sc, saat membuka seminar. Foto Humas Prov.sulteng.

Moh.Nasir Tula (15/9/2015)

beritasulteng, Palu-Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Dr. Ir. B. Elim Somba, M.Sc mewakili Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, menegaskan pentingnya optimalisasi pemanfaatan dan pengembangan sektor perikanan pada peserta Seminar Nasional Kebijakan Stabilisasi Pangan Berbasis Perikanan Dalam Rangka Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, Rabu(16/9), di Hotel Mercure.
“Ini ditandai dengan makin meningkatnya tren konsumsi ikan dari tahun ke tahun, bahkan jauh melampaui konsumsi daging merah,” ujar Asisten.
Menurutnya lagi, ada benang merah antara ketahanan pangan dan keberhasilan pembangunan.
“Ketahanan pangan urusan yang sangat mendasar,” tegasnya. “Tidak ada satu negarapun yang berhasil membangun sebelum mewujudkan ketahanan pangan terlebih dahulu,”sambungnya.
Oleh karena itu, gubernur melalui asisten ekbang mengimbau langkah-langkah strategis seperti, menyiapkan regulasi, meningkatkan kerjasama multi stakeholder dan melaksanakan blue economy.
“Serta yang tak kalah penting, meningkatkan kualitas SDM, khususnya tenaga-tenaga ahli bidang pangan dan perikanan,” pungkasnya.
Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pengembangan Daya Saing Nasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dr. Ir. Bambang Adi Winarso, M.Sc dalam keynote speech-nya mengimbau stakeholder di Sulteng untuk memperkuat aspek perizinan, processing (pengolahan) dan packaging (pengemasan) terkait stabilisasi pangan berbasis perikanan.
Disamping itu, Ia juga menekankan perlunya menyediakan SDM berkualitas yang sejalan dengan perubahan mindset (pola pikir) masyarakat.
“Kita ngga sadar, bangga anak-anak kita dapat beasiswa di Singapur, sekolah di sana, kerja di sana tapi yang nikmati (hasilnya) Singapur,” tegasnya.
Turut hadir dalam seminar itu, Asisten Deputi Kemenko Perekonomian, pejabat Kementerian Ristek dan Dikti, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Dr. Ir. Hasanuddin Atjo, MP, akademisi Untad, kalangan perbankan, Balai Karantina, kelompok usaha perikanan dan lain-lain. (Berita & foto : Harold Humasprov)

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>