GebyarPAUD 2015 Prop.Sulteng

20151007_125029

Bunda PAUD Prop.Sulteng Hj.Zalzulmida Djanggola (Jilba Biru) menyaksikan pelepasan balon tanda dimulainya gebyar PAUD 2015 oleh Staf Ahli ekonomi dan Keuangan Prop.Sulteng Drs.Abd.Salam Muthar, M.Si, (Foto.Humas Sulteng).

Moh.Nasir Tula (14/10/2015)

beritasulteng, Palu- Bertempat di Halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu(7/10), Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si diwakili Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan Drs. Abd. Salam Mathar, M.Si menghadiri Gebyar PAUD 2015 Tingkat Prov. Sulteng.
Gebyar mengusung tema, “Terus dan Sukseskan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas.”
Hadir saat itu Bunda PAUD Sulteng Hj. Zalzulmida A. Djanggola, SH, CN, Ditjen PAUDNI Kemendikbud diwakili Drs. Ibnu Rahardjo, M.Pd, Kadis Dikbud Provinsi H. Ardiansyah Lamasitudju, S.Pd, M.Si, Kadis Dikbudpora Kota Palu Drs. Sadly Lesnusa, M.Si, dan insan-insan penyelenggara PAUD se Sulteng.
Acara diawali Senam Sehat Ceria Anak Usia Dini, lalu Tari Pamonte dan musik angklung, kesemuanya ditampilkan oleh siswa-siswi PAUD di Kota Palu.
Sambutan diawali dari Bunda PAUD Sulteng. Dalam arahannya, Bunda PAUD menekankan pentingnya pendidikan usia dini bagi anak. “Sejak usia dini otak berkembang sangat cepat, menyerap apa saja tanpa terkecuali,” tegasnya. “Oleh karena itu, ini adalah masa emas bagi anak sehingga PAUD adalah basic education (pendidikan dasar) yang tidak boleh Kita abaikan,” sambungnya. Artinya, lewat PAUD anak-anak diajarkan bagaimana membedakan mana yang baik dan buruk, membentuk karakter, menanamkan budi pekerti dan mengembangkan potensi diri.
Lebih lanjut dipaparkan bunda selama 4 tahun kepemimpinan Gubernur Longki Djanggola dan Wagub Sudarto, APK (Angka Partisipasi Kasar) PAUD terus naik signifikan. Pada tahun 2011, APK masih sebesar 42,82%, 2012 naik menjadi 55,12%, 2013 jadi 63,20%, lalu 2014 naik lagi jadi 76,41% dan sampai Oktober 2015 telah mencapai 85,41%.
Ini adalah catatan prestasi bagi Sulteng karena sukses berada di posisi 3 besar nasional dan Bunda PAUD Zalzulmida A. Djanggola dinobatkan menjadi Bunda PAUD berprestasi tingkat nasional.
“Kita hanya bersaing dengan Jawa Timur dan Jogja, Kita tidak lagi sejajar dengan Indonesia Timur tapi sejajar dengan nasional,” ujar Bunda Zalzulmida disambut aplaus hadirin.
Disisi lain masih ada PR yang belum tuntas yaitu mewujudkan 1 desa 1 PAUD di Sulteng. Sampai saat ini dijelaskannya target sudah mencapai 88,12 %. Sedang sisanya menurut bunda disebabkan pemekaran desa-desa baru yang PAUDnya belum terbentuk dan masih ada di desa induk.
“Bunda PAUD kabupaten, kecamatan dan desa, apabila ada pemekaran jangan tunggu perintah pembentukkan PAUD, kumpulkan (stakeholder terkait) untuk segera bentuk PAUD melalui PKK setempat,” imbuhnya.
Sementara itu, kepada orangtua peserta PAUD diminta untuk menselaraskan pelajaran yang diterima anak dari sekolah dengan yang diajarkan di rumah. Jangan sampai mereka binggung karena ada perbedaan. Karenanya, Ia meminta pihak ditjen maupun dikbudprov lebih meningkatkan porsi pendidikan parenting.
“Pendidikan parenting perlu diperbesar karena banyak orangtua belum paham bagaimana pendidikan membentuk karakter pada anak usia dini,” usulnya.
Merespon hal-hal yang disampaikan, Staf Ahli Gubernur juga berharap gebyar PAUD dapat memperluas akses dan peningkatan mutu PAUD, memotivasi penyelenggara PAUD dan mensosialisasikan PAUD pada masyarakat.
“Saya beri apresiasi pada berbagai pihak yang mengembangkan PAUD, semoga apa yang dicapai ini dapat ditingkatkan dan dipertahankan,” pungkasnya. Terlebih lagi sambungnya, besar kecil APK PAUD provinsi sangat ditentukan APK Kab/Kota sehingga perlu komitmen dan sinergitas multi sektoral.
Acara dilanjutkan pelepasan balon dan pengumuman pemenang lomba Gebyar PAUD. Juara 1 masing-masing lomba antara lain diraih, Ana Fika dari TK Pertiwi pada lomba mewarnai, stand Kab. Morowali Utara pada lomba pameran PAUD tingkat Kab/Kota, Nur Asia Abdul Kadir dari Kecamatan Witaponda, Kab. Morowali, pemenang Bunda PAUD 3T (Terpencil, Terluar dan Terdepan) dan Gugus PAUD Berprestasi, dimenangi Gugus Flamboyan dari Kab. Poso.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>